Primary Navigation

Cara Melakukan Disputes atau Banding di Aliexpress

Melakukan pembelian di situs aliexpress tidak semuanya berakhir dengan senang kadang kala saya atau kamu pernah mengalami barang yang di beli tidak sesuai dengan expetasi yang di harapkan. Sebenarnya bukan hanya di situs Aliexpress saja tapi di marketplace lain pun bisa terjadi. Karena disini saya ingin menjelakan pengalaman yang pernah saya alami. Cara melakukan dispute atau banding di aliexpress. Sebenarnya ada dua cara, yaitu.

Kontak Seller via Messages

Hal paling mudah adalah kontak seller dengan sopan dan berikan penjelasan sebisa mungkin kenapa barang yang di kamu beli tidak sesuai ekpektasi, terdapat catat, atau malah barang yg di beli tidak semua komplit. Kamu tentu harus mengirim pesan dengan bahasa Ingrris ya. Biasanya seller akan merespon cukup cepat. Penawaran yang biasanya si seller akan lakukan adalah menawarkan pengiriman ulang di pembelian selajutnya. Opsi ini ya mau gak mau bisa di toleri jika kamu ada rencana membeli barang di toko mereka. Masalah clear.

Ajukan Banding via Disputes

Hal terkahir adalah ajukan banding via fitur bernama Dispute. Jika kamu cukup kesal dengan barang yang di beli dan tidak mau melakukan kontak dengan seller. Kalian bisa langsung menggunakan fitur banding. Fungsi fitur ini ada dua opsi yang bisa di pilih. yaitu Pembeli mengiriman barang kepada seller dan seller akan mengiriman kembali atau meninta pengembalian dana. Caranya bagaimana, kalian bisa ikutin langkah – langkah di bawah ini, cara melakukan dispute di aliexpress

1. Open Disputes

Masuk ke halaman “My Orders”, lalu pilih barang yang sekiranya ingin di ajukan banding. di setiap barang akan terdapatan tulisan dispute, klik link tersebut. Maka kamu akan di arahkan ke halaman order detail. contohnya seperti ini :

Cara Melakukan Disputes atau Banding di Aliexpress
Cara Melakukan Disputes atau Banding di Aliexpress

2. Pilih Refund atau Return

Lalu kamu akan di arahkan kembali ke halaman opening dispute. disini ada dua opsi yaitu “refund only” atau “return goods”. Pilih salah satu. Biasanya saya jika terdapat kejadian seperti ini. saya lebih memilih “refund only” kenapa simple ajh, kalo saya kirim balik ke si sellernya ribet bayar ongkir chinanya. prosessnya lama. Ok, Jika sudah kalian pilih Isi form yang telah disediakan. dan tulis alasanya, juga sertakan bukti foto(jika kamu menerima barangnya) jika tidak, tidak di haruskan.

Cara Melakukan Disputes atau Banding di Aliexpress
Cara Melakukan Disputes atau Banding di Aliexpress

3. Submit dan Tunggu Respon Seller

Setelah kamu sudah melakukan submit, tunggu respon dari pihak seller. biasanya akan di respon jika ada kejadian seperti ini. Dari sisi mereka akan memberika jawaban, menerima permintaan kamu atau sebaliknya. Jika menerika kasus kamu sudah clear. tunggu dananya akan ke kartu kredit atau debit card online yang kamu gunakan, biasanya akan membutuhkan sekitar 3 – 5 hari kerja.

4. Tolak atau Terima

Jika seller menolak, seller akan memberikan alasan dan menawarkan proposal, kamu bisa menolak atau menerima nya. Tapi cek telebih dulu solusi yang di tawarkan kepada kamu.

Contoh Kasus saya alami

Saya membeli barang aksesoris dikirim dari bulan Feb 2020 sudah hampir 2 bulan barang tak kunjung datang.

Pengalaman yang berujung manis 🙂

Saya melakukan komplain dengan alasan no tracking tidak terlacak. saya ajukan banding. setelah itu. seller memberikan respon, memberikan tracking yang valid dan menawarkan proposal baru, untuk menolak permintaan refund. Saya tidak langsung menerima dan menunggu barang datang. Walaupun ditahapan ini pihak aliepxress membantu seller dengan memvalidasi tracking, dan dinyatakan valid.

Selang 1 minggu. setelah melakukan ajukan banding, barang yang saya pesan akhirnya datang. Disini saya cek terlebih dahulu barang yg dipesan apakah sesuai atau tidak. Dan ternyata tidak sesuai banyak barang yg saya pesan tidak komplit. Maksudnya saya beli barang 30pcs, yg diterima hanya 3 pcs. Jika terjadi hal seperti ini. prosposal si seller ajukan saya tolak. dan memberika penjelasan kembali.

Baca juga artikel lainya:

Cara Membayar Pajak Impor Dari Alibaba Atau Aliexpress
4 Hal Wajib kamu ketahui sebelum belanja di Alibaba
Tips memulai berjualan di Online marketplace tokopedia, bukalapak atau shopee
Bayar Paket Kiriman Luar Negeri via DHL VS POS Indonesia
Cara Kirim Bukti Transaksi Ke Beacukai
Cara Melakukan Penawaran Belanja di Aliexpress

Di tahapan ini saya memberikan penjelasan dan bukti bahwa barang yang saya terima tidak sesuai dengan pesanan. Dan saya mantap untuk meminta refund kembali. Aliexpress meriview apa yang saya jelaskan. Butuh waktu kurang lebih 10 hari setelah saya mengajukan banding kembali, dengan hasil saya mendapatkan refund. 🙂

Contoh Prosess Cara Melakukan Disputes atau Banding di Aliexpress

Semoga dengan artikel saya buat dapat bermangfaat, bagi kamu yang mendapatkan masalah serupa bisa dapat terselesaikan secepatnya dan tahu cara melakukan prosess disputes di situs aliexpress. satu hal lagi, butuh waktu dan kesabaran untuk hal ini. apalagi menginingkan dana cepat cair dikarenakan aliexpress adalah marketplace luar tidak akan bisa secepat di marketplace lokal ya. jadi diharap maklum.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.