Primary Navigation

Tips memulai berjualan di Online marketplace tokopedia, bukalapak atau shopee

Bagi kalian yang ingin atau baru mau memulai usaha online di 3 online marketplace tersebut, ada baiknya baca artikel ini dulu ya. hal utama yang akan di tanyakan ke diri anda sendiri pastinya, mau jualan apa, betul? nah itu harus kalian pikirkan terlebih dulu lalu pertanyaan selanjutnya biasanya, modal berapa ya? dua pertanyaan itu adalah dua hal yang biasanya mengurungkan niat untuk berjualan atau bisa jadi pertanyaan terakhir anda adalah, banyak yang jual atau untungnya dikit

Nah berikut 5 Tips yang saya ingin bagikan kepada netizen seperti anda 👆

1. Produk akan anda jual

Hal yang paling gampang bagi yan masih bingung produk apa yang ingin anda jual sebenarnya simple, pertama lihat barang apa saja yang sekarang anda pakai, contonynya mulai dari pakaian terlebih dulu, anda pakai kaca-mata bulet ala k-pop, baju kaos polos, celana jogger, sepatu addidas atau lainya. gadget yang di gunakan handphone xiomi redmi 7, pake xiaomi mi band atau xiaomi smartwatch.

Dari contohnya di atas, sebenernya itu sudah bisa menjadi bahan produk yang bisa anda jual. saya ambil 2 tipe saja untuk bahan produk yang bisa di jual. handphone xiomi remi 7 dan mi band dari situ saja jika anda ingin memulai usaha, bisa.

Jualan apanya? jualan aksesoris-nya. casing handphone redmi 7, tempred glass atau usb cable-nya. lalu cari merk casing atau tempered glass yang biasa anda beli, misalnya baseus, remax atau ugreen dan masih banyak lagi.

Atau bisa juga dari pakaian yang anda kenakan celana jogger misal, anda bisa bermain dari segi bahan, jean atau cotton atau bahan yang nyaman digunakan ya.

2. Modal

Jika ingin usaha pasti setidaknya harus mengeluarkan modal, modal itu bisa jadi uang , bahan baku atau yang lainnya. Utamanya pasti uang, tentukan modal berapa yang anda sanggupi untuk memulai usaha. Contoh anda mempunyai modal 5 – 10 juta. untuk awal modal segitu cukup masalah untung & rugi pikir belakangan dulu. yang penting action. klo udah mikirin untung yang di utamakan gak bakal mulai – mulai pasti tujuan utama adalah mendapat untung namun kesampingkan dulu untuk sesaat.

Bagi yang belum punya uang sampai 10 juta, dan masih pas-pasan nabung dulu atau anda bisa memulai usaha menjadi dropship, tanpa harus mengeluarkan modal sepeserpun. namun butuh extra keras. cari toko yang bisa kasih harga murah dan serta mau untuk dibuat dropship gampang-gambang susah. Anda harus bisa jeli cari sellernya yang gampang dihubungi atau fast respon, bisa di ajak kerja sama.

3. Mencari Supplier atau distributor

Mencari supplier ada tantangan tersendiri kadang gampang kadang susah. tergantung barang apa yang akan anda cari. Biasanya berdasarkan pengalam saya trial and error terlebih dulu. Contoh anda sudah memilih produk apa yang akan dijual. katakanlah anda memilih berjualan aksesoris handphone Xiaomi. Untuk mencari supplier barang-barang aksesoris seperti itu bisa kalian temukan di Roxy. rata – rata disana. namun bagi anda mencari barang yang lebih spesifik atau brand tertentu terkadang susah. Disana brandnya rata-rata Unbrand atau tanpa merk.

Cari merk yang lebih spesifik, bisa anda cari disitus supplier B2B, biasanya di situs Alibaba.com. Anda bisa cari merk apa yang anda cari atau anda juga bisa cari di situs B2C nya yaitu Aliexpress. Dan rata-rata seller kita belanjanya rata-rata dari sana.

4. Metode Pembayaran

Jika anda ingin belanja modal di situs luar negri semacam Alibaba atau Aliexpress, disarankan anda harus mempunyai alat pembayaran yaitu kartu kredit. jika belum mempunyai kartu kredit sebenernya bisa malakukan pembayaran menggunka DOKU. dan bisa bayar di indomaret atau alfamart. namun agak ribet prosessnya. paling simple itu pake kartu kredit. atau bisa juga anda gunkana kartu debit online. Paling populer saat ini dan bisa berbelanja di situs luar. yaitu kartu Jenius dari Bank BTPN, DigiBank dari Bank DBS atau BNI Debit Online dari Bank BNI, dari 3 opsi bisa anda gunakan. Mandiri kalo gak salah punya juga, tapi saya kurang tau.

5. Menentukan Harga

Terakhir menentukan harga jual, saya sarankan jika anda sudah menentukan produk yang anda cari dan barang siap untuk di jual. lihat harga pasar telebih dulu misal produk yang akan anda jual rata-rata seller lain menjual 55.000 rupiah dikarenakan anda baru mau berjualan dan mencari reputasi. silahkan anda turunkan atau di bawah harga pasaran misalnya 54.500. atau 54.000 . Biasanya buyer ngelihat harga beda dikit langsung diburu. Terpenting anda jangan merusak pasar atau menjatuhkan harga terlalu bawah.

Nah segitu saja tips dari saya semoga bermangfaat, nanti saya akan bahas mengenai hal berjualan lainya dan lebih detail.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.