Primary Navigation

Cara Belanja di Taobao pake debit kartu indonesia

Cara Belanja di Taobao pake debit kartu indonesia (Part 2)

Tulisan saya kali ini, adalah kelanjutan pembahasan cara belanja barang di Taobao dengan mengguna jasa layanan fowarder bernama superbuy. Saya hanya membahas cara melakukan pegiriman barang dari Warehouse superbuy ke Indonesia. Jika kalian belum tahu caranya bagaimana silahkan baca terlebih dulu tulisan sebelumnya:

 Cara Belanja di Taobao pake debit kartu indonesia (Part 1)

Baca juga artikel yang lainya:

Cara Membayar Pajak Impor Dari Alibaba Atau Aliexpress
4 Hal Wajib kamu ketahui sebelum belanja di Alibaba
Tips memulai berjualan di Online marketplace tokopedia, bukalapak atau shopee
Bayar Paket Kiriman Luar Negeri via DHL VS POS Indonesia
Cara Kirim Bukti Transaksi Ke Beacukai
Cara Melakukan Penawaran Belanja di Aliexpress

Langkah Pengiriman Barang

Status order pembelian yang tadinya ada di halaman my order, secara otomatis akan terdapat di halaman menu warehouse. Di menu tersebut berfungsi untuk menginformasikan bahwa barang yang kamu beli dari taobao sudah samapai digudang penyimpanan, dan paket dapat di kirim ke alamat kamu. Nah caranya bagimana? sebenarnya serupa dengan dengan cara kamu melakukan pembelian barang, namun bedanya disini kamu memilih layanan pengiriman.

Langkah Pertama, Masuk ke halaman warehouse, lalu pilih barang yang kamu akan kirim ke alamat pengiriman kamu. Di halaman tersebut informasi yang di tampilkan hanya berupa detail ukuran dan berat keseluruhan barang yang akan di kirim. Jika kamu bisa melihat barang telah di beli. Pihak sana kan mengecek terlebih dulu apakah barang yang dibeli sudah sesuai dengan yang kamu inginkan atau belum. Pihak sana hanya melakukan pengecekan secara fisik.

cara belanja barang di Taobao

Langkah Kedua, Pilih kurir. Di langkah kedua kamu di berikan beberapa opsi jasa pengiriman yang siap mengirimkan barang kamu ke tempat tujuan. Contoh yang saya sertakan saya mengguanakan jasa pengiriman menggunakan e-Parcel atau China Post kalau gak salah. Kenapa? karena lebih terjangkau dan barang yang saya beli gak terlalu urgent jadi santai saja. Durasi pengirimanya kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Jika kamu merasa butuh cepat bisa menggunakan jasa pengiriman seperti DHL namun jika menggunakan DHL/FeDex dan lainya, perlu kamu ketahui mereka akan membebankan jasa layanan bisa di bilang ada biaya extra ya. karena kan itu perusahaan swasta. Klo e-Parcel(EUB) itu yang punya china postnya atau pemerintah, Ya kaya kita punya POS Indonesia. Jadi tidak ada biaya extra-extra.

cara belanja barang di Taobao

Di halaman ini juga kamu bisa menentukan berapa nilai barang yang akan di tuliskan oleh pihak superbuy, pada saat proses pengirman. Berfungsi sebagai pemeriksaan beacukai, tau lah ya, kalian. Gak usah saya jelaskan. Silahkan masukan nilai barang dengan kurs dollar. Perlu kalian ingat barang di atas USD 5, akan di kenakan pajak oleh pemerintah Indonesia sejak per januari 2020 (pas dollar lagi naik-naiknya 1500an ke atas). Ya jika barang kamu beli lebih dari USD 5, maka akan di kenakan pajak. ya biasanya sih gak lebih dari 100rb jika barang di atas USD 5 – 50 (berdasarkan pengalman).

cara belanja barang di Taobao

Langkah Ketiga, kamu akan diarahkan ke halman pembayaran, halaman pembayaran sama ya, seperti di artikel part ke 1 yang telah saya bagikan di bagian pembelian barang. tidak jauh berbeda. jika pembayaran berhasil maka kamu akan di arahkan ke halaman payment completed seperti gambar di bawah ini:

Setelah melakukan pembayaran, silahkan di tunggu beberapa hari untuk mendapatkan tracking number. Ya biasanya sih tracking number tidak langsung ke update. butuh waktu beberapa hari. Namu kalian tidak usah khawatir, barang pasti sampai kok cuman waktunya agak lama. Saran saya gak usah di tunggu-tunggu. Jika sudah lebih dari batas yang di tentukan misal lebih dari 2 minggu barang belum sampai juga silahkan kontak pihak sana.

Pihak sana akan membalasnya dengan cepat. Berdasarkan pengalaman saya menggunakan jasa dari superbuy cukup puas ya dan terjamin dibandingkan kamu menggunakan jasa forwarder perorangan dengan cuman modal whatsapp saja. kurang trasfaran. Kalo kamu bisa lakuin sediri kenapa harus butuh bantuan orang lain, ya kan. Semoga terjawab sudah cara melakukan pembelian dan pengiriman barang atau cara belanja barang di Taobao



Comments

  1. Bolehkan berbagi kontak? Saya udah lama blunder cara impor dan gatau biayanya mahal apa enggaknya. Btw tulisannya membantu banget.

    1. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggal komen saja ya, mas. apa pertanyaanya, silahkan di utarakan. saya tidak menerima 1 on 1 Session. 🙂 mohon maaf. Tulisan yang saya buat adalah berdasarkan real case, dan saya mencoba. Kalau masih takut dengan impor, saran saya coba mulai dari hal yang kecil dulu saja, misalnya membeli barang dari Aliexpress. start mulai dari barang under $50. next coba tinggkatin. nanti lambat laun mas tau caranya, dan bagaimana cara handlenya. pengalaman adalah hal yng berharga. mengenai pajak sudah saya tulis juga kok. silahkan di cek artikel saya mengenai masalah pajak.

  2. Kalo untuk aliexpress dulu sering sebelum ada pajak 5dolar. Cuma kalo aliexpress tinggal bayar yaudah gitu. Nah kalo taobao atau weidian kan gabisa tuh ke indo yang mana harus pake jasa forwarder. Makanya ini mau coba dulu.

    1. Secara teknisnya sama kok. silahkan di coba, pasti nanti tahu kok. flownnya sudah saya terangkan di artikel part ke dua ini. semoga dapat membantu, dan jangan lupa dicoba.

    1. Saya belum pernah beli barang berbentuk cairan, beli barang apapun bisa saja di superbuy. Cuman perlu di ingat barang2 kosmetik seperti itu biasanya agak ketak masuk ke indonesia.

    1. itu di gunakan untuk memasukan nilai harga barang, untuk clearance invoice. Jika nilai harga barang pada saat kamu beli $100, dan di clearance invoice $90. Maka akan tulis pada invoicenya adalah $90. Namun perlu di ingat, jika harga dituliskan melaupaui jauh dari harga sebenarnya, biasanya pihak beacukai akan melakukan double check. Jadi saya sarankan masukan nilai barang sesuai aslinya.

    1. Waktu saya beli dan kebijakanya dari beacukai, di bawah $75. masih tidak terkena pajak. Kalu kamu beli beli sekarng misalnya. itu akan di kenakan pajak. nilai pajaknya berapa saya kurang tau. PSU yg di beli itu harganya sekitar $35. jika tidak salah. ya mungkin kena 100-150rbuan. pajaknya.

      Waktu itu saya beli PSU flex secara terpisah dengan casenya.

  3. Boleh gak sih kita pesan sendiri di aplikasi taobaonya , tidak melalui superbuy gitu. Dan kalau udh di kirim ke superbuy, masih ada ya ongkir untuk ke rumah kita sendiri.

    1. Taobao, gk bisa langsung kirim ke luar negeri. hanya bisa mengirim lokal market sana saja. ya mirip kaya marketplace local dikita. Jika menggunakan superbuy, kamu harus membayar biaya pengiriman baik pada saat belanja dari taobao ke superbuy warehouse, dan dari superbuy warehouse ke rumah kamu. pengirimanya relatif murah kok klo menurut saya.

    1. Terkhir saya belanja di taobao melalui perantara superbuy 6 bulan, yg lalu. Mungkin coba di tanyakan ke pihak customer servicenya. bisa jadi gara-gara pademi juga sih mas.

  4. Oiya, kalau harga shipping itu gak terpatok CN ¥100 kan ya? Tergantung berat dan dimensinya ya? Kalau yg punya Anda CN ¥100 itu berat berapa dan dimensinya bagaimana ya?

  5. kl bolrhntau keuntungan jasa forwarder apa ya? masudnya dari taobao sendiri kalo gasalah bisa kirim langsung ke indo? maap belum pernah jajan di taobao

    1. Dari website taobao itu gak bisa kirim barang dari luar china. juga website taobao bahasanya gak bisa pake bahasa inggris, kalaupun pake google translate tetep rancu. dan di tutup untuk pengguna luar untuk bertransaksi. ya intinya belum bisa pada saat saya coba. klo sekarang sudah bisa, saya kurang tahu.. keuntungan pake jasa forwarder ya mereka bakal handle pembelian dari taobaonya. intinya forwarder itu seperti jasa titip ya. Silahkan di coba biar paham dan mengerti ya.

  6. Untuk jenis kiriman EUB juga masi bisa dilacak pas masuk indo-ny? Atau hanya bisa dilacak hanya di cina saja? //soalny ada jenis pengiriman murah yg ternyata hanya bisa dilacak ketika paket masih di negara pengirim, sedangkan untuk sampai di negara tujuan tidak bisa dilacak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.