Primary Navigation

Tips terhindar dari supend etsy

Tips Agar Terhindar Dari Suspended Di Etsy

Tips Agar Terhindar Dari Suspended Di Etsy. Bagi sebagian seller etsy khusus dari Indonesia mungkin pernah mengalami akun tiba-tiba di suspend tanpa ada alasan yang jelas, karena apa. Ya itu juga pernah saya alami beberapa tahun lalu, dan juga pernah mengalami sakitnya di suspend oleh Etsy sampe bumi berasa miring… πŸ˜„. Dulu saya mempunyai 3 akun Etsy seller dan alhamduliah ada satu akun yang masih bisa digunakan sampe sekarang. Agar terhindar dari dari Suspended Etsy, berikut beberapa tips agar terhindar dari Suspended di Etsy :

1. Copyright

Bagi kamu berjualan apperel khususnya di t-shirt, perlu saya ingatkan hati-hati dalam menjual barang t-shirt semacam ini, karena rawan sekali copyright, dan perlu kamu ketahui Etsy tidak akan men-suspended akun seller kamu jika salah satu barang terkena copyright. Etsy hanya mengingatkan bahwa satu produk kamu terkena IP (Intellectual Property) dan jangan pernah melakukan re-publish. Ini menjadi catatan Etsy, jika ada 2 – 3 hal serupa. Akun seller kamu siap-siap di suspended. Saya sarankan khusus untuk desain, selalu cek sebelum posting product disini apakah desain itu sudah ter-registrasi atau belum.

2. Virtual Credit Card (VCC)

Hindari menggunakan layanan Virtual Credit Card untuk verfikasi menjadi seller, mungkin beberaha hari akun seller kamu baik-baik saja, tapi kamu siap-siap jika terjadi masalah di kemudian hari. Etsy tidak akan pernah memberitahu kamu karena apa.

3. Credit Card

Jika kamu tidak mempunyai kartu kredit, di tahun 2019 banyak alternatifnya daripada menggunakan VCC, misalkan menggunakan Debit Online dari Jenius, Digibank atau BNI Online, CIMB juga ada kalo gak salah. intinya sudah banyak menyediakan hal semacam ini. Jika memang mempunya saudara serumah yang mempunya kartu kredit atau orang tua. boleh saja menggunakan asalkan kamu harus melaporkan terlebih dulu sebelum menjadi seller di etsy.

4. Menggunakan Jasa Pihak ke-tiga (Dropship)

Jarang sekali seller di indonesia berjualan produk hasil sendiri atau buatan sendiri, kebanyakan seller etsy dari indonesia berjualan dengan manggunakan jasa Dropship. Tapi perlu saya ingatkan jika kamu menggunakan Jasa Dropship. Waktu saya dulu melakukan registrasi sebagai seller, saya harus melengkapi beberapa informasi mengenai Outside Manfacturing atau istilah mereka itu bukan Dropship tapi 3rd fulfillment service. jadi kamu harus isi beberapa informasi mengenai informasi 3rd fulfillment service. Waktu saya dulu saya menggunakan jasa dari situs bernama Printful.

5. Kontak Etsy Support

Awal saya dulu, kerena dulu pernah akun utama saya ke suspend, jadi saya mencoba memulai dengan cara kontak pihak Etsy support, bahwa saya berasal dari Indonesia, saya ing membuka store di Etsy dan apakah diperbolehkan. Selang beberapa hari Etsy support merespon donk, jawab dari mereka seperti ini. tapi saya tidak membalas πŸ˜…, lagi sibuk dengan perkjaan part-time freelance.

Tips terhindar Suspended Etsy

Rencana awalnya memang saya mau berjual custom casing handphone, tapi di tengah perjalanan saya memutuskan berjualan t-shirt. Saya masih lupa alasanya kenapa, waktu itu.

6. Apply 3rd fulfillment Service atau Working with production Partner on Etsy

Selang beberapa bulan sayapun mengkotak kembali Etsy support dengan menanyakan, menanyakan prosess cara bekerjasama denga production partner. waktu itu bernama 3rd fulfillment Service namun sekarang telah berubah sepertinya. Untuk lebih lanjutnya silahkan baca halaman ini dari situs Etsy. .

Kontak Etsy Support
Kontak Kembali dengan Subject Working with Production Partner

Setelah melakukan request Working with production partner on Etsy, saya mendapatkan respon email dari Etsy. Berikut percakapanya sepert screenshot di bawah. Merekapun tak lama kemudian membalas dan meresposn sepert ini

Tips terhindar Suspended Etsy

Saya balas dan memberikan beberapa pertanyaan seperti gambar dibawah ini, percakapan by emailpun ini cukup panjang dan memakai waktu kurang lebihnya hampir satu bulan. Waktu itu saya tidak terburu-buru membuka akun jadi santai saja.

Tips ampuh terhindar Suspended Etsy

Dalam durasi tersebut banyak hal yang saya tanyakan kepada mereka. contonya pertanyaan di atas, rencana awal memang saya membuat akun dengan menggunakan dua orang dan role berbeda, (Padahal yang buat ini mantan akun terkena suspsend πŸ˜…) Padahal hanya satu orang yang akan manage toko di Etsy. Diemail ini saya memerankan dua karakter.

Juga saya menggunakan kartu kredit atas nama saya, tapi akun yang saya buat di Etsy atas nama kakak saya sendiri. Seakan-akan di email tersebut kakak sayalah yang berperan, padahal email dan tulisan itu adalah saya sendiri loh, cuman menjadi peran ganda saja. 😁

Dan mereka-pun meminta saya menjelaskan design proses dalam membuat sebuah produk listing yang akan di publish di situs Etsy. Di case ini saya jelaskan secara mendetail namun mereka tidak dapat melakukan review. Pihak Etsy-pun menyarakan agar saya terlebih dahulu membuka toko dan menjadi Etsy Seller.

Setelah melakuan membuka toko di Etsy, saya diharuskan memasukan beberapa inforamasi mengenai toko di Etsy. Dan memasukan minimal 10 produk. Setelah itu kabari mereka kembali.

Isi mengenai informasi toko dan masukan 10 produk

Selang beberapa hari setelah saya menjadi seller di Etsy dan memasukan informasi juga memasukan 10 produk. Akun saya pun di non-aktifkan secara sepihak oleh pihak mereka. Saya pun tidak tinggal diam dan melaporkan ke mereka. Dan Akhirnya di bukakan kembali. Status dari di deactivate menjadi suspend.

Saya pun menanyakan kepada mereka kenapa dan bagaiman ceritanya agak lupa, akhirnya dibuka kembali. karena waktu itu saya statusnya masih kontakan dengan mereka perihal 3rd fulfillment Service

Pastikan setelah melakukan submit 3rd fulfillment Service semua form inputanya, agar tidak terjadi hal seperti ini.

Waktu itu saya ada 1 form yang tidak disini, dikarenakan saya tidak tahu maksudnya untuk apa, yaitu “Privat Receipt Information” dan akhirnya googling, dan saya isi tapi lua disiinya apa. πŸ˜…(4 tahun lalu soalnya)

Prosess review oleh pihak mereka, cukup panjang waktunya, dan saya lupa berapa lama prosess setelah saya melakukan apply 3rd fulfillment Service tersebut dan saya gak nemu email-nya karena udah terlalu banyak email dari penjual Etsy. Bisa saya simpulkan proses mulai kontak Etsy dan apply jadi seller kurang lebihnya 1 bulan lamanya.

Nah itu adalah tips terhindar dari suspended Etsy, Baca juga tips menjadi seller di etsy

Video Berkaitan



Comments

  1. thanks for share nya om.
    saya sudah menyiapkan semua langkah yang di jelaskan di atas,
    ketika pembukaan toko saya terhenti di step ketiga dimana saya di haruskan listing, kemudian langkah ke empat baru menentukan pembayaran. untuk sekarang pembukaan toko saya masih pending. apakah harus kontak etsy support dulu, dan toko ini dibiarkan pending di langkah ketiga ini?

    1. Klo saran saya, sebelum memasukan listing produk, baiknya kontak Etsy support dulu. Kamu sistemnya drophsip atau enggak? klo sistem dropship tanya ke mereka hal apa saja yang harus kamu lakukan. Waktu dulu saya seperti saya jelaskan di artikel saya di atas, ada semacam pendaftaran 3rd fulfillment Service, atau klo sekarang berubah namanya Working with production partner on Etsy. Sampe mereka benar-benar menjawab dan ada komunikasi kedua belah pihak. sama dari pihak mereka mengajurkan kamu untuk memasukan produk listing. incase pada saat sudah memasukan produk listing. akun kamu di deactivate kamu bisa tanyakan langsung di email tersebut. Bagimana clear? sudah coba kontak Etsy supportnya dulu dan sudah mendapat jawaban?

  2. @Dei : thaks for reply
    kebetulan apa yang akan saya jual mirip seperti yang di share di atas, POD t-shirt, saya udah daftar di printful juga. jika nanti etsy shop sudah aktiv dan di hubungkan dengan akun printful, apakah tampilan di etsy mengikuti listing yang kita buat di printful? atau kah di etsy kita bisa pakai gambar sendiri (sementara printful punya mockup/desain nya juga)

    1. Betul bisa, langsung. kalo sekarang. Tapi tidak langsung di publish ya. hanya statusnya draft dan harus ada persetujuan dari kamu sebagai yang punya akun seller, intinya masih ada inputan semacam pemilihan kategori, shipping dan lain sebaginya.

  3. Mas dei, ak sudah coba contact mereka yg email integrity itu tapi uda 1 minggu belum ada jawaban. adanya saya dibales automated email dari email support mereka ngasi tau kalau etsy lagi sibuk, jadi kalau masi perlu bantuan tolong bales ke emailnya . Nah pas saya bales emailnya, malah dijawab sama automated email lagi dibilangin jangan email ke email support karena ga dimonitor -.-‘

    haduh kok sistemnya kacau banget. jadinya ak email integrity sekali lagi. Jangan2 1 minggu lagi mereka ngirim lagi email automated, lelah hati saya. Mau balik jualan lagi ke etsy ribet banget

    1. Statusnya akunnya sudah suspend ya? Dapet email apa permanent suspend? Klo boleh tau mba jualan apa?

      Biasanya klo sudah tersuspend duluan, etsy ignore untuk membalas. Kecuali mba baru mau berjualan. Mungkin solusi dari saya, coba kontak etsy dengan akun yg lain.

      Jika kejadiannya adalah masalahnya karena vcc, biasa agak sulit mba, jika pake kartu kredit tp sudah expired atu kena blok biasanya tinggal di tunjukan kartu kreditnya secara fisik

  4. ngak mas, sy baru mau mulai berjualan tapi mau ikutin cara mas dei di atas kontak dulu sebelum jualan. jadi sy belum sign up sama sekali, cuma basa basi nanya etsy ini itu.

    Saya ga mau uda susah payah register ntar adanya dideactivate langsung seperti akun lainnya πŸ™

    1. Oh, begitu. mba kontaknya via etsy supportnya kan? apa hanya direct email langsung? kontak supportnya klo mau coba yang lebih spesific, dulu itu saya kontak dengan topic umum di etsynya di awal tahun 2014. lalu di bulan Agustus 2015 πŸ˜…(dulu saya santai.. gak buru-buru) saya kontak kembali tapi dengan topic yang related dengan 3rd fulfillment (Working with production partner on Etsy) sudah coba kontak mereka dengan topic itu di link ini? memang agak lama sih balasan dari mereka, saya saja hampir dua minggu klo gak salah menunggi balasan dari mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.