Primary Navigation

Made in China. Cardboard boxes with text made in China and chine

Cara Membayar Pajak Impor Dari Alibaba Atau Aliexpress

Cara membayar pajak impor barang dari alibaba atau aliexpress, cukup mudah. Bagi kalian yang baru pertama kali berbelanja barang di ke dua situs tersebut atau di online store lainya, pasti sudah tahu, ya. Kebjikan pemerintah indonesia membebaskan pajak barang import max hanya $75. Tadinya $100 😕. (Gara-gara dollar nyentuh Rp 15,000, beberapa bulan lalu) ya sudah saya agak bisa komplain itu kebijakan dari Ibu Sri Mulyani. 😅

Jika barang kamu beli melebihi dari batasan yang telah di tetapkan, siap – siap membayar pajak barang import ya. Nah bagi kalian yang belum pernah bagaimana cara membayarnya. Sebenarnya tergantung kurir apa yang kamu pakai.

Contohnya kamu membayar pajak impor barang dari Aliexpress. rata-rata seller di Aliexpress menggunakan layanan EMS. Aliexpress Standard Shipping masuk ke negara indonesia ya EMS. Hal pertama kamu harus lakukan adalah setelah barang kamu dikirim. Mintalah traking number atau Airway bill (AWB) dari pihak seller. biasanya langsung otomatis ada nomer traking pada saat status barang dikirim.

Cara membayar pajak barang import
Cek traking number dari Aliexpress

Atau bisa juga kamu cek di situs EMS resmi dari Pos Indonesia bisa di buka di link ini. Jika barang sudah sampai di Indonesia, cek barang itu kena beacukai atau tidak, kamu bisa cek di situs beacukai disini

Cara membayar pajak barang import
Cek status barang di Beackuai

Jika barang di bawah $75, maka barang yang kamu beli bebas pajak, namun jika barang kamu di atas $75 lebih maka siap-siap menyediakan dana untuk membayar pajaknya, contoh kasus saya pernah mengalami hari seperti itu. waktu itu saya membeli barang dengan total harga $100, maka saya harus mengerluarkan biaya sekitar 600 ribu rupiah.

Cara membayar pajak barang import
Rinican Pajak dibebankan ke penerima

Cara Membayar Pajak Barang Impor dikantor POS

Paket kirim dikirim menggunakan layanan Aliexpress Shipping Standard, itu masuk ke layanan EMS dari POS Indonesia. cara melakukan pembayaran pajaknya. dengan cara mengunjungi kantor pos pusat wilayah. Misalnya. saya tinggal di jakarta pusat, maka kantor pusat, Jakarta pusat adalah Kantor POS Besar di, Jalan Lapangan Banteng, di dekat Mesjid Istiqlal.

Rincian pembayaran biasanya akan di kirim oleh kurir POS ke tempat kamu, cuma kasih surat rincian pembayaran dan harus melakukan pembayaran secara CASH di kantor POS tersebut.

Clear ya? sampai sini. 👌🏻

Cara Membayar Pajak Barang Impor DHL Kurir

Namun jika kurir yang kamu gunakan adalah DHL , FedEx, TNT atau Aramex biasanya sudah di bayar terlebih dahulu oleh kurir masing-masing namun tetep ada konfirmasi sebelum kamu mengiyakan. Contohnya di kedua screenshot yang saya sertakan di atas. semuanya menggunakan layanan DHL. Cara membayaranya bagaimana?

  1. DHL Customer Service akan menelpon kamu biasanya nomor yang digunakan adalah 021 – 29791111
  2. Jika kamu menyetujui nominal yang telah di tetapkan oleh pihak DHL, maka DHL akan mengirimkan barang kesokan harinya atau bahkan dihari yang sama.
  3. Siapkan uang Cash, Kurir DHL hanya menerima pembayaran secara tunai.
  4. Kalo sudah bayar, ya tinggal ambil dari kurir, beresekan 👅

Perhatian jika mengguanakan Kurir DHL, FedEx, TNT atau Aramex. Lihat nilai total seperti screenshot di bawah ini

Cara membayar pajak barang import
Total biaya pajak

Nilai diatas tidak akan sama, jadi bisa lebih, kenapa? karena layanan kurir tersebut akan membebankan kamu biaya fee atau layanan dari kurir tersebut, nilainya berapa? itu bervariasi. tergantung nilai nominalnya, jika kamu keberatan atau ingin mengetahui rincianya, kamu bisa minta dikirimkan rinciannya melalui email.

Oh, iya bagi kamu baru pertama kali dan menggunakan layanan DHL khususnya, jika pihak DHL belum juga menelpon kepada kamu, dan kamu sudah mengetahui barang sudah ada Indonesia, bisa kontak ke nomor yang saya sertakan atau bisa kirim email ke Mba Dian [email protected] dan [email protected] karena cukup susah mendapatkan email bagian handle barang kiriman dari luar.

Bagi kamu belum tahu cara melakukan penawaran dari situs aliexpress baca disini dan hal – hal wajib kamu ketahui sebelum melakukan pemebelian barang dari Alibaba disini

Cukup sekian penjelasan singkat dari saya, semoga bermangfaat ya… jangan takut untuk memulai. Karena teori hanyalah teori. penting itu praktek dan mengalami sendiri. wkwkwkw….

Tulisan ini berdasarkan pengalaman, bukan fiksi belaka 🤣



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.