Minggu kemarin saya sempat mengalami kerugian membeli barang dari alibaba, ya walau barang terbilang tidak mahal hanya di bawah $500 tapi ya lumaya juga sih. Di artikel kali ini saya ingin mencertiakan bagaimana cara melakukan request refund di alibaba.

Kata refund disini adalah kamu sebagai pembeli keberatan atas barang yang di terima tidak sesuai dengan yang di tarawarkan dan kamu sebagai pembeli ingin meminta pengembalian uang. Atau dalam bahasa inggrisnya / umumnya ya, adalah Refund. ya. Cara melakukan request refund di alibaba, atau open dispute atau cara meminta pengembalian dana di alibaba. ya itu…

Baca juga artikel yang lainya:

Cara Belanja di Taobao pake debit kartu indonesia (Part 1)
Cara Belanja di Taobao pake debit kartu indonesia (Part 2)
Cara melakukan banding atau dispute di aliexpress
Bayar Paket Kiriman Luar Negeri via DHL VS POS Indonesia
Cara Kirim Bukti Transaksi Ke Beacukai

Caranya bagaimana? Hal ini bisa kamu lakukan jika tidak ada jalan keluar antara kamu dan supplier tidak ketemu titik tengah. Pengalaman saya jika barang yang kamu mengalami kerusakan atau kurang dari total pembelian. Rata-rata supplier dari Alibaba akan mengirim ulang atau menggantinya di pembelian berikutnya. Jadi bukan masalah besar sebenarnya, tapi jika kamu tidak mempunyai rencana untuk membelinya kembali dan merasa sangat di rugikan apa salahnya di coba. Ingat melakukan banding bukan untuk mencari keuntungan semata. Melainkan hanya ingin mengambil hak sebagai pembeli atas barang yang di dapat.

Berikut cara melakukan request refund di alibaba

Langkah Pertama

login ke akun milik kamu ya, lalu masuk ke halaman transaksi dihalaman transaksi, maka akan tedapat list semua order yang telah kamu lakukan, di sebelah kanan terdapat button review atau bisa jadi modify atau lainya. jika order telah selesai maka statusnya adalah complete. namun jangan khawatir, walau status orderan kamu telah selesai. Kamu masih bisa melakukan pengajuan refund, karena semua buyer di alibaba di proteksi. saya lupa proteksi apa ajh. anyway… di bawah button terdapat apply for refund. disana kamu bisa klik. seperti contoh di bawah ini ya.

Setelah kamu memasuki halaman apply for refund, akan terdapat beberapa inputan form, yang harus kamu pilih dan isi. contohnya seperti gambar di bawah ini .

Cara melakukan pengembalian dana di situs alibaba

Langkah Kedua

Jika kamu merasa barang telah di terima silahkan, pilih Yes, Lalu pilih reason for refundnya apa. Misal poor product, atau pacakaging damage, disesuaikan dengan keluhan kamu. lalu nominal refund amount yang ingin dikembali berapa? bisa full atau terserah kamu. jika menurut kamu barang semuanya cacat atau kurang bagus, ya silahkan pilih full refund.

Cara melakukan banding di situs alibaba

Langkah Ketiga

Di halaman deskiprisi ini silahkan kamu jelaskan sedetail mungkin keluhanya mengenai produk yang kamu ajukan untuk meminta dana kembali atau refund dan jangan lupa sertakan denga foto atau video. jika upload video pernah saya coba dan hasilnya selalu gagal dan ntah kenapa. sertakan foto 2 – 5 sebagai bukti. dan alahkan baiknya kamu bisa membandingkan antara produk yang telah di beli si supllier tersebut dan yang kamu beli dari supplier lain. Kalau ada.

Dirasa semuanya telah terisi silahkan submit, dan tunggu respon dari pihak supplier. jangan lupa berkomunikasi juga dengan supplier di halaman chat di alibaba atau bisa tunggu respon dari pengajuan refund yang telah kamu ajukan. berapa lama waktunya ya tergantung supplier akan merespon. Dalam sistem alibaba jika dari pihak supplier tidak merespon lebih dari 7 hari, secara otomatis dari sistem alibaba akan mengembalikan dana yang sesuai dengan kamu ajukan. Jika ada di respon oleh pihak supplier dan responnya adalah di tolak, silahkan ajukan kembali dengan klik button edit. sampai menemukan titik temu.

Cara melakukan dispute di situs alibaba

Contoh Kasus

Contoh kasus saya misalnya, disini saya pertama kali meminta pengajuan full refund. karena barang yang saya dapat tidak sesuai dengan ekpetasi. ya pada intinya banyak barang yang cacat. saya komplain ke pihak supllier untuk bisa mendapatkan full refund. tapi barang tidak di kembalikan. namun pihak supplier tidak setuju dan meminta untuk mengembalikan barang terlebih dahulu. Namun saya menolak dikarenakan saya tidak punya waktu untuk melakuka hal itu semua, ya pertama kan masalah waktu, lagi pademi juga, dan juga biaya pengiriman ke chinanya. saya jawab seperti itu. Lalu dengan berat hati saya minta ke pihak supplier untuk memberikan 50% refund dari total barang. Akhirnya supplier menerimanya….

Cara melakukan refund di situs alibaba

Ingat!. pengembalian dana refund akan di lakukan ke kartu kredit atau kartu debit yang kamu gunakan pada saat kamu melakukan transaksi. Proses pengembalian membutuhkan waktu kurang lebihnya sekitar 7 – 10 hari kerja


Semoga artikel ini dapat membantu bagi kamu yang mempunyai kesulitan atau mendapatkan supplier yang bermasalah. Jika ada pertanyaan seputar perihal topik artikel yang saya tulis, silahkan tinggalkan komentar, saya akan membalas secepat saya bisa ya. 😁

Author

Dei, ber-profesi sebagai tukang gambar, netpreneur, handsome Daddy 😁 dan mantan penulis. Mencoba aktif menjadi penulis lagi. Lihat portfolio saya di theprojekts.com

61 Comments

  1. jd klo pembayaran menggunakan CC. dana refund nya akan di kembalikan ke CC tsb gt gan?

      • Ahmad Hazrat Mustaqim Bin Mohd Sakri Reply

        Bang nak Tanya kalau barang sangkut Dekat kastam betul Ker bayaran shipping fee return Harga lebih Dari Kos pembelian Mohon dibalas Di email bang ergent

        • Dei Reply

          Harga lebih dr ongkos pembelian? harga apanya fee return? klo shipping fee tiu adalah dari total biaya termasuk akumulasi plus berserta shipping dan itu di ambil dari total jumlah. sebesar 2.5% klo gak salah. disana ada kon informasinya dapet fee berapa.

          • selamat pagi kak,,
            kalau pembayaran melalui virtual account bri bni dll, pengembalian nya gimana?

          • Dei

            Setahu saya blm bisa. hanya menerima debit online saja. karena debit online seperti kartu kredit.

        • Proses refund melaui DUKO
          Apakah kita harus isi nomkr rekening kita.lagi ke.aplikasi nya ataw secara otomatis masuk ke rekening kita bang ?? Mohon info nya ya bg 🙏

          • Dei

            Klo pembayaran menggunakan DOKU, doku ada 2 tipe ada yg isi saldo dulu maca top up kan, macam ovo or gopay, ada juga yg langsung DOKU, tp dari doku menggunakn kartu kredit as payment gateway.
            1. klo pake doku cara top up, uang nya harusnya langung ke DOKU aku kamu
            2. Klo pake kartu kredit via DOKU, ntr jadi credit di kartu kreditnya.

    • Bang…
      Kalau pembayaran tunai melalui
      Western union
      Bisa refund tidak bang…🙏🙏
      Kalau bisa bagai mana pengembalian nya

      • Dei Reply

        Saya belum pernah pake western union. Jd blm tau cara pengembalianya kaya gmana

  2. Natan Marbun Reply

    Mau tanya gan. Saya juga ada order barang dr alibaba. Tp dikirim tidak sesuai gambar. Kalau kualitas sih tetap bagus. Hanya saja tidak sesuai gambar. Nah itu apa bisa ajukan dispute utk refund ? Dan adakah biaya tambahan saat kita melakukan dispute ke supplier ?

    • Dei Reply

      Ya kalau beli barang itu A tp yg di terima B, silahkan saja ajukan dispute. Tidak ada biaya sama sekali. Sebelum melakukan proses disputed kontak dl pihal suppliernya. Cari jalan terbaik. Jika tidak titik temu. Gunakan fitur tersebut

    • Halo bang mau tnya, saya beli dr aliexpress. Penjual setuju refund diganti baru, ongkos kirim baliknya saya claimnya bagaimana? Apa bisa via pos? Thxs

      • Gak bisa, klaim. pengalaman saya bleum pernah refund barang. yang ada refund barang, tapi gak di balikin. uang kembali. ongkir ke china gak tau bisa ajh lebih mahal, iya bisa pake pos, dhl atau fedex.

  3. Sukamakanminum Reply

    mau tanya bng saya order di alibaba sudah 4 bulan nggk datang ternyata ekpedisinya tidak ada masuk ke indonesia dan saya tidak disuruh bayar lagi untuk kirim ulang menggunakan ekspedisi lain, dan saya pilih tidak jadi saya ingin refund tapi tidak ada pilihan Apply Refund di orderan saya. adanya Reorder padahal barang belum ada diterima, info bng ada solusi nggk ya ?

    • Dei Reply

      Kalo statusnya seperti itu, pada statusnya udah dikirim. oleh pihak supplier, harusnya ada tracking number sebagai bukti. dan itu tidak bisa di close, jika status order blm sampai. Dan harusnya ada sih . untuk melakukan refund. Coba di cek apa bisa melakukan kontak ke alibabanya gak?. klo bisa silahkan tanyakan langsung. Expedisi semuanya bisa dikirim ke Indo. Saya sering melakukan transaksi di alibaba. dan semuanya gk pernah ada masalah.

      • Jadi intinya kalau mau belanja di Alibaba sudah pasti aman ya kak? Misal terjeleknya kena supplier penipu barang tidak dikirim atau dikirim tidak sesuai, kita pasti bisa terjamin garansi uang kembali sperti marketplace toped/shopee gitu kah?

        • Dei Reply

          Aman, asalkan semua transaksi dilakukan dalam platform Alibaba bukan di luar alibaba. klo ada supplier meminta pembayaran di luar itu jangan mau.. . klo di lakukan di dalam platform alibaba, jika ada masalah kita bisa claim ke pihak mereka. ya mirip kaya di topked atau shopee. klo barang gak nyampe atau blm nyampe. jadi kita gampang klo minta refund. simplenya begitu.

  4. Wijaya purba Reply

    Saya mau bertanya bosss.saya tinggal di riau orderan saya sampai di jakarta.setelah nego sama pemasok,pemasok lepas tangan dan refund dana jatuh ke pihak siapa ya bosss??? Nih di alibaba juga

    • Dei Reply

      Beli barangnya sendiri? apa oleh pihak lain? atau jasa beliin gth? Jika barang yang sudah di beli ada yang kurang atau barang jelek tidak sesuai harapan, tinggal kontak pihak supplier sana. bilang barang gak bagus, atau apa. harus jelas. Kalo barangnya dari alibaba, ikutin prosedur seperti artikel saya tulis.

  5. Wijaya purba Reply

    Siapa yang menentukan barang tersebut sampai dimana?pembeli atau pemasok

    • Dei Reply

      Ya, dr tracking number. Supplier kirim barang dr china, kan biasanya pake DHL atau yg lain. Itu pasti dapet semacam nomer resi. Dan bisa di tracking.

  6. kalau misal kita beli barang ternyata ada tambahan shipping fee terus kita minta refund dana, supplier sudah setuju nanti refundnya 100% atau ada potongannya ya?

    • Dei Reply

      Setiap beli barang itu pasti kena shipping fee jika belanja d alibaba. Klo refund tidak ada potongan sama sekali.

  7. Bang kalau misal refund sudah di ACC dan tulisannya refund completed tapi udah 2 hari uangnya belum masuk, maka kita harus complain ke siapa ya?

    • Dei Reply

      Pembayaran pake apaan? Kartu kredit? Itu bakal di balikin ke tagihan selanjutnya. Nanti jatoh balance kredit . Macam dana masuk gth. Gak hrs si complain lg sih. Kan dr mereka sudah ada notenya… coba baca dengan seksama.

  8. kalau suppliers berkeras x mahu refund apa yang akan jadi sedangkan barang saya masih tidak sampai dan saya return kembali kerana sangkut dengan kastam

    • Dei Reply

      are you a buyer or a supplier? if you are the buyer. tak perlu risau. jika barang sangkut di kastam (customs) call kastam in airport. ask why your goods are stuck. you can follow up if in a week or two weeks no update. Bisa jadi kerana covid. barang kiriman dari china biase di simpan lama sedikit. 1 – 2 weeks. Request refund kalau barang yang di terima tak sesuai dengan asli atau foto atau barang rusak dalam shipment. first thing you need to do. contact supplier on albaba directly. both agree. refund agree. but the reason only your goods are stuck in customs. no need to request refund. just wait…

  9. bang boleh minta nomernya..
    pengen tanya2 untuk beli di alibaba

    • Dei Reply

      Jika ada yang mau di tanyakan langsung, silahkan sertakan saja disini, pasti saya jawab kok. saya tidak menerima konsultasi pribadi ya. mohon maaf.

  10. Belu di alibaba bisa dipercaya gak ya ?
    Mereka ada perwakilan di 8ndonesia ? Mereka ada tetima pembayaran pakai rekber spt olshop fi Indonesia ? Tks

    • Dei Reply

      Bisa di percaya, asalkan ikuti prosedur yang sudah ada disana. caranya silahkan cari video atau artikel yang saya buat.
      Mereka tidak ada perwakilan di indonesia
      Tidak ada rekber secara official, pihak macam rekber itu inisaitif dari user ajh yg sering beli, mending belajar ajh sendiri beli nya,
      Pembayaranya sudah mudah kok, bisa pake kartu debit indo jg.

      • Kalau kita transaksi via debit, refund akan otomatis di kembalikan ke rekening ya? Meskipun kita tidak info no rekening ke alibaba?

        • Dei Reply

          Enggak.. kan udah ada sistemnya. jadi gak usah ngasih nomer rekening. bukan via rek, tp pake kartu debit. nomor kartu itulah yg nanti sebagai reknya untuk mengembalikan ke rek pembeli.

  11. halo kak, mau tanya.
    jika saya pembayarannya menggunakan Wire Transfer dan mau req untuk refund jika barang tidak sesuai gambar atau ada kerusakan uangnya kembali lewat mana ya ?

    terima kasih

    • Dei Reply

      Kalo wire transfer saya belum pernah melakukannya, jadi saya gak bisa jawab. klo mau gampangnya, pake debit online ajh. lebih praktis dan lebih cepet proses pembayaranya. di bandingkan wire transfer. dan proses refund nya sama seperti kartu kredit.

  12. bang mau tanya kalo ongkir itu udah sama pajak dan bea cukai atau belum? kalo belum biasanya berapa % ?

    • Dei Reply

      Ongkir itu blm termasuk biaya beacukai, klo mau sudah termasuk beacukai, beli di bangood atau di amazon. Tergantung jenis barangnya ada pengkategorianya di beacukai itu. Kalo gak salah untuk kategori semacam tas, baju. pajaknyanya lebih besar. klo buku gk ada pajaknya.

  13. Pak, kalo kita refund terus itu return kan? Nah itu gratis gak return nya?

    • Dei Reply

      Kalo mau refund, ada dua tipe,

      1. Refund, barang nya di keep.
      2. Refund, barangnya di balikin, tp ongkir return di tanggung oleh pembeli.

  14. Bang,
    Mau tanya utk jasa cargo yang terpercaya ada referensi gak. thanks!

  15. Aisyah Salimah Reply

    Kalau penjualnya kasih solusi bisa refund tapi harus kembalikan barang terlebih dahulu bagaimana ya?? saya juga tidak ingin buang2 waktu dengan pengiriman barang tersebut. kalau kita serahkan keputusan kepada alibaba, apakah kita juga harus mengembalikan barangnya dulu baru bisa terima refund?
    Note: barang yang dikirim tidak sesuai fungsinya.

    Please respon ASAP, Thank you… ^^

    • Dei Reply

      Silahkan di komunikasikan dengan pihak supplier di alibabanya, soalnya saya juga begitu. contoh kasus yang pernah saya alami, pihak supplier bisa memberika refund sebanyak 50%, saja. sisanya barang tidak usah di kirim balik. nah klo kasus mba itu, saya kurang tau. jika barang yg di beli untuk di jual. saran saya, minta pengembalian 50% ajh, tp barang bisa di keep. mba tinggal jual ajh. dengan harga yg lebih murah. Daripada harus kirim balik ke supplier. soalmnya belum lagi biaya kirimnya ke sana. pasti jadinya bakal rugi banyak.

  16. Andreas Halim Reply

    Halo Bang Dei, saya Andre buyer di Alibaba, mau tanya soal refund,..saya sudah mengajukan refund dikarenakan trackin number tidak bisa di track, dan ternyata ada keterlambatan pengiriman dari ekspedisi yang dari supplier ke warehouse saya di china (saya pakai cargo), dan saya sudah menggunakan fitur refund, nah 3 hari ini supplier sudah berhasil mengirimkan dan sudah bisa di tracking, apakah saya bisa cancel refund..?

    kalau sudah sekali cancel refund apakah bisa refund lagi nanti apabila ada masalah di quality barang dll..?

    Terima kasih sebelumnya

    • Bisa di cancel mas, cuman klo kedua kali dengan order yang sama saya belum nyoba biasanya saya bakal lihat barang dulu sebelum melakukan refund. klo mau tunggu ajh dl barangnya sampe mas. sambil di cek

  17. Halo bang, saya mau tanya saya ada beli barang di alibaba, tapi sampai batas waktu yang sudah di tentukan tidak dikirim juga, itu apakah batal secaara otomatis atau harus ada pengajuan refund?
    kalau misal batal secara otomatis, uangnya balik kemana ya? saya bayar dengan CC
    terima kasih

    • Kalo di alibaba, bukan macam toko di ecommerce macam tokped ya. biasanya klo kauntitinya banyak. mereka bakal membutuhkan waktu sekitar 2 – 3 hari atau bahkan ada yg 1 minggu.
      Idealnya, comba komunikasikan dengan suppliernya. kapan kira-kira bakal di kirim. jika gk ada respon ajukan refund.

      • Iya, bang, soalnya di ketentuannya ada tulisan seperti ini
        1. According to the agreement, the supplier has 00days 00hours 03minutes 32seconds left to ship the order. Please contact the supplier to complete the delivery by the shipping method and at the cost agreed upon.

        saya sudah tunggu sampai 15 hari masih belom dikirim juga, dan selalu contact dengan suppliernya, akhirnya memutuskan untuk cancel saja.

        jadi tetap ajukan refund ya?
        terima kasih

        • Suppliernya nge-respone gak? klo kedua belah pihak sudah menyetujui cancel order? apa blm respon, dari pembeli tinggal lakukan proses refund. langkah sudah saya jelaskan di blog saya ini.

  18. Nancy Usmar Reply

    Maaf, mau tanya nich, saya order di alibaba dan supplier bilang shipping cost nya kurang, dan nanya apa saya bisa menambah ongkos kirim?, saya jawab saya membayar sesuai dengan hitungan sistem di alibaba, baiknya gimana ya, terimakasih

    • Silahkan di komunikasikan dnegan supplier, mau bayar apa enggak sebagai pembeli. klo mau tinngal di buatin invoice baru.

  19. Renny Puspita Reply

    Hi. Belum lama ini saya order produk di alibaba tapi sdh 2 minggu statusnya masih “handover to airline”. Based on my experience sblmnya biasanya hanya perlu 2-3 hari sejak dikirim dari china dan transit ke singapore. Pernah mengalami hal serupakah? Status pesanan stuck di “handover to airline”? Sebaikny tunggu beberapa hari lg atau lgs open dispute ya? Thanks 🙂

  20. Renny Puspita Reply

    Hi. Belum lama ini saya order produk di aliexpress tapi sdh 2 minggu statusnya masih “handover to airline”. Based on my experience sblmnya biasanya hanya perlu 2-3 hari sejak dikirim dari china dan transit ke singapore. Pernah mengalami hal serupakah? Status pesanan stuck di “handover to airline”? Sebaiknya tunggu beberapa hari lg atau lgs open dispute ya? Thanks 🙂

    • Ini tergantung dari sisi pengirimanya klo pangirimanya menggunakan EMS stadard,biasanya suka lama. dan betul saya jga pernah, lamanya di singapore transitnya. Kecuali menggunakan layanan pengiriman semacam DHL, feDex itu jauh lebih cepat. di tunggu saja saran saya, kecuali sudah 1 bln blm sampe-sampe di laporkan saja nanti ke support aliexpressnya.

      • Renny Puspita Reply

        Hai! Thanks ya balasannya.

        Iya nih, kmrn saya pakai yg aliexpress standar shipping. Sudah sempat tanyakan ke CS aliexpress juga, tapi dijawabnya hanya “tunggu saja sampai masa estimasi pengirimannya berakhir”. Gemes 🙈🙈

        Sempat tanya juga ke CS singapore post, tapi menurut mereka fisik paket blm terdata di sistem. Jadi nggak bisa dipastikan jg skrg paketnya ada dimana…

        Jadi opsi terbaik mmg tunggu aja ya? Atau mungkin bisa contact sellernya supaya bisa dibantu followup jg?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.