Primary Navigation

Trolley with boxes against truck, male logistic

Cara Kirim Bukti Transaksi Ke Beacukai

Cara kirim atau mengirim bukti transaksi ke beacukai, mungkin salah satu dari kali penah mengalami kendala bagaimana cara mengirim bukti invoice kepada kurir terkait, salah satu contohnya menggunakan layanan jasa dari DHL. Pernah suatu hari saya membeli barang di situs Alibaba, dan barang tertahan oleh pihak beacukai dikarenakan barang yang dibeli di indikasi melebihi batas yang di tentukan maksimum barang senilai $75. dan di indikasi barang tersebut melebih batas.

Cara melakukan kirim bukti dokumen transaksi ke Beacukai

Karena waktu itu menggunakan layanan kurir DHL, untuk mengirimkan butki-bukti pembayaran dan invoice pembelian ke pihak DHL nanti dari pihak DHL akan melanjutkan ke bagian dokumen review pihak Beacukai. Namun bagi kamu menggunakan jasa lain selain DHL, seperti Aramex atau FeDex. metodenya sama.

Cara kirim bukti transaksi ke beacukai
Cara kirim bukti transaksi ke beacukai

Dokumen apa saja yang harus disertkan ke Beacukai?

Dokumen penyerta sebagai bukti bahwa benar barang tersebut nilai dibawah $75 yaitu Invoice dari Alibaba dan bukti transaksi di kartu kredit atau debit online (CC Statement). Jika bill kartu kredit belum tercetak bisa gunakan statement sementara yang bisa kalian ambil secara online, masing – masing Bank. semisal BCA, cek transksinya KlikBCA, CIMB Niaga, cek di CIMB Click. Hampir semua bank sekarang bisa memberikan bukti transksi sementara tanpa harus menunggu bill tercetak.

Bagaimana cara mengirim dokumen ke pihak kurir (DHL, Aramex atau FeDex)

Biasanya hal pertama, kamu akan di telpon oleh pihak customer support , memberitahukan bahwa barang yang kamu beli akan dikenakan biaya cukai atau pajak lah. Sebesar sekian ratus ribut atau bisa jutaan. tergantung nilai total barang. Nilai $75 itu sudah include biaya kirim ya. jadi klo barangnya $75 dan shippingnya $25, total berarti $100. Perhitungan seperti itu.

Saya ambil contoh kasus yang pernah saya alami saja. Setiap membeli barang pastikan kamu selalu cek status tracking pengiriman di masing – masing kurir website, DHL cek disini Aramex cek disini dan FedEx cek disini

Jika statusnya sudah sampai di bagian seperti screenshot di bawah ini :

Cara kirim bukti transaksi ke beacukai
Contoh Status Pengiriman

Silahkan cek, permasalahanya karena apa halaman link official dari beacukai disini Jika dalam statusnya dilihat seperti dibawah:

Cara kirim bukti transaksi ke beacukai
Bukti status tagihan dari pihak beacukai

Kamu wajib menyertakan dokumen yang diminta, seperti saya jelaskan diatas yaitu Invoice dan bukti total bayar.
Jika sudah 2 – 3 hari dari pihak kurir belum menghubungi kamu, silahkan kirim email

Kontak Telepon

  • DHL Indonesia : 021 – 29791111
  • Aramex Indonesia : 021 – 2960 3333
  • FedEx : 021 – 7599 8800

Email Support

Metodenya seperti itu, semoga bermangfaat bagi sedang mencari informasi atau terkendala untuk kirim bukti transkasi ke beacukai. Pelajari juga cara melakukan bayar pajak beacukai disini



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.