Di artikel kali ini saya coba angkat pembahasan berkaitan ” Kenapa di Alibaba tidak ada pengriman gratis?” hal ini selalu ada di kolom komentar di beberapa artikel yang telah saya tulis.

Ada yang mengira antara Alibaba dan Aliexpress adalah sama-sama saja. padahal itu jelas berbeda dari sisi market kedua website terebut. walaupun sama-sama pemiliknya adalah alibaba group.

Saya coba bandingkan terlebih dahulu, apa itu Alibaba dan Aliexpress.

Alibaba adalah market yang ditujukan untuk business to business, atau singkatnya B2B yang mana fokus market pasarnya adalah pembeli membeli barang lebih dari satu pcs atau dengan quantity yang cukup banyak.

Sedangkan Aliexpress adalah platform ecommerce pada umumnya, dan fokus ke market B2C atau Business to Customer. yang mana di aliexpress kalian bisa membeli tanpa ada minimum quantity.

Artikel Berkaitan

Cara Belanja di Alibaba Dengan Kartu Debit
Cara Melakukan Request Refund di Alibaba
Belanja Di Aliexpress Kena Pajak?
7 Kelebihan Banggood di banding Aliexpress
Cara Belanja di Taobao pake debit kartu indonesia (Part 2)
Cara Belanja di Taobao pake debit kartu indonesia (Part 1)
Professional express delivery and shipment service
Cuman illustrasi pengiriman alibaba dan aliexpress 🙂

Kenapa Aliexpress Terdapat Gratis Ongkir?

Sebenarnya ongkir itu ada biayanya, namun kebanyakan untuk beberapa barang pihak seller di aliexpress menawarkan pengiriman gratis ongkir. alasanya cukup simple agar pembeli tertarik untuk membeli barang dari pihak mereka. dan plus ongkir yang mereka tawarkan itu berlaku untuk pengiriman ke luar negri. dan memang Aliexpress fokus untuk pasar international. kekuranganya jika mengguna pengiriman gratis, adalah durasi pengirimanya cukup lama, kalian harus bersarbar menunggu sekitar 2 Minggu sampai 1 bulan lamanya.

Kenapa di Alibaba Tidak Terdapat Pengiriman Gratis?

Ok, pertama alibaba adalah market khusus B2B dengan quantity banyak. secara simplenya jika pembelian lebih banyak otomatis bedampak pada berat barang yang akan di beli. dan ongkos kirim ke luar negri khususnya cukup mahal. kerena dampak dari volume yang di terapkan oleh pihak jasa pengriman seperti DHL atau FedEx.

Kenapa di Alibaba Dikenakan Biaya Fee Transaksi?

Pihak alibaba membebankan kita dalam melakukan transaksim atau bernama transaction fee. yanga mana transaksi fee memotong 2.5% dari total transaksi. misal nilai nominal dari transksi yang kita akan lakukan sebesar $671.50 maka transaksi fee yang di bebankan adalah $19.18. Secara offline, hal ini wajar , kerena ini adalah biaya fee dari pihak penyedia layanan payment geteway ke pada kita. Jadi setiap kalian membeli sesuati di alibaba pastikan perhitungkan harga modal dan harga jual ya.

Kenapa di Alibaba & Aliexpress Biaya Ongkir Tidak Termasuk Biaya Beacukai?

Disini saya coba masukan kedua platform tersebut. baik dari Alibaba atau Aliexpress. ok yang pertama kita ke alibaba terlebih dahulu. karena cukup banyak tanya berkaitan beacukai. saya tegaskan disini. setiap kalian membeli barang dari luar negri semuanya dikenakan beacukai, nilai disesuaikan total harga barang. berapapun nilai barang tersebut. mau $1 pasti dikenakan biaya. sesuai dengan kebijkan baru dari pihak beacukai yang telah di rilis di awal tahun 2020 lalu.

Jika kalian menggunakan jasa pengriman seperti DHL, FedEX, TNT atau jasa pihak ke tiga. ada biaya tambahan yang perlu kalian ketahui. biaya tambahan yang di maksud adalah biaya handling fee. nilainya berkisar di atas 100ribu. nilai fix berbeda-beda. Biaya tersebut di gunakan untuk membantu process percepatan barang setelah sampai di bandara, biaya layanan, dan biaya kirim dari bandara menuju ke alamat yang di tuju.

Ingat, jika menggunakan pihak layanan DHL, FedEX dan sejenisnya. itu belum termasuk biaya pajak beacukai ya. jadi sedikit lebih mahal, tapi cepet dalam processnya.

Sedangkan di Aliexpress pada umunya jika menggunakan layanan free ongkir tetep kena biaya beacukai, nilainya di sesuaikan. namun tidak ada biaya tambahan handling fee. layanan free ongkir yang di maksud adalah, seperti Aliexpress standard shipping. pokoknya yang free-free ongkir di aliexpress itu EMS biasa. dan prosess setelah sampai di jakarta membutuhkan waktu sekitar 7 harian, jika di ambil rata-rata berdasarkan pengalaman.


Jika disimpulkan”Kenapa Di Alibaba Tidak Ada Pengriman Gratis?” pembelian di alibaba di kenakan fee transaksi, tidak ada ongkir gratis, dan belum termasuk pembayaran beacukai. namun jika di aliexpress tidak ada fee transaksi, ada gratis ongkir, namun tetep terkena biaya beacukai.

Ok, semoga artikel ini bermangfaat untuk teman-teman, jika ada yang ingin di tanyakan silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya.

Author

Dei, ber-profesi sebagai tukang gambar, netpreneur, handsome Daddy 😁 dan mantan penulis. Mencoba aktif menjadi penulis lagi. Lihat portfolio saya di theprojekts.com

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.