Di artikel ini saya ingin sharing mengenai kelebihan banggood di banding aliexpress, kedua situs tersebut sebenarnya bisa di bilang sama. Menyediakan barang-barang sama. lalu apa yang menjadi pembeda?

Sebelum ke topik pembahasan, bagi yang belum tahu, banggood adalah situs eCommerce dan menyediakan berbagai kebutuhan, mulai dari elektronik, baju wanita, jam tangan dan masih banyak lagi. Sama seperti situ aliexpress. mungkin kamu lebih familiar dengan situ aliexpress 😁

Ok, let’s dive in….

Lalu apa Kelebihan Banggood di banding Aliexpress? Ok, saya akan coba bahas ya

Situs banggood adalah situs ecommerce cukup popular di kalang penggiat hobbi, terutama macam RC, Drone, Helicopter, karena dulunya ini situs tersebut fokus ke segmentasi hobby. namun semakin kesni sudah mereka hampir menjual barang apapun. seperti Handphone, pakaian, aksesoris bahkan perlengkapan outdoor. Palugada (Apa yang lw mau gw ada)

Biaya pajak sudah di tanggung pihak banggood

Kelebihan Banggood

  • Pertama, Banggood bukanlah situs marketplace semacam aliexpress ya, bukan di kelola orang perorangan. Jadi jika kamu membeli barang dari situs tersebut secara pengiriman tentunya lebih cepat. Jika di Indonesia mungkin mirip semacam jakartanotebook .
  • Kedua, customer service cukup responsif. Jika ada kendala customer service banggood, saya kira cukup bagus menangani jika ada permasalah dengan pembelian. dulu pernah ada dua kasus yang dengan pembelian. pertama membeli barang mini remote kontrol , namun pada saat di gunakan baru sebentar. tidak berfungsi lagi. saya komplain eh, malah di ganti dengan yang baru tanpa harus mengembalikan barangnya.
  • Ketiga, biaya pajak sudah di tanggung pihak banggood. Jika ngomongin urusan pajak, pasti langsung wow… yakin.. dah. apalagi gratis.😁 Banggood menerapkan kebijkan pihak merekalah yang menanggung pajak dari setiap pembelian oleh konsumen. Namun, biaya tetep di bebankan kepada konsumen juga sebenarnya. yang mana setiap melakukan pembelian pihak banggood telah memberitahukan di halaman checkout, biaya pengiriman sudah termasuk biaya import beacukai.
  • Ke-empat, Kelebihan nya lagi yaitu pihak banggood menggunakan sistem direct-mail. apa itu? direct mail itu, pengantaran langsung ke pihak pembeli. tanpa harus ke kantor pos. jadi kalian yang ingin membeli barang dari banggood, tunggu ajah gak perlu repot bayar pajak ini atau ngambil barang ke kantor pos. Pihak mereka di indonesia bekerjasama dengan Ninja express setiap ada pengiriman. khususnya jakarta.
  • Kelima, Banggood menawarkan pembelian COD. mantap kan? mana ada situs luar menggunakan metode sepert ini. Ya, karena pihak sana sudah bekerja sama dengan ninja express jadi fitur tersebut memungkinan. namun mungkin tidak semua barang ya. Hanya barang yang ada simbol COD.
  • Ke-enam, process pengiriman dari china ke indo kurang dari kurang lebih hanya 1 minggu. cepet bukan. Mungkin ya pengiriman di satuin dengan pembeli lain. jadi sistemnya sekalian gituh.. tapi entah lah. ini hanya pemikirian saya saja. pointnya cepet sampai!
  • Ke tujuh, Potongan diskon. Ya jika kalian beruntung Banggood suka memberikan diskon via newsletter. tak tanggung potongan bisa sampai $15. lumayan lah di bandingan cuman $1

Kekurangan Banggood

  • Pertama, tidak ada free shipping. ya sayangnya di situs banggood tidak ada free shipping. jadi kalian harus membayar shipping cost. sebenarnya shipping costnya gak terlalu mahal sih. tergantung barang yang mau di belinya juga sih. jadi bisa di bilang mahal atau tidaknya itu relatif.
  • Kedua, trackin kadang tidak upto date. ya, kadang-kadang tracking suka ngaco. kita gak bisa tracking macam EMS. soalnya pihak mereka karena menggunakan sistem direct-mail. jadi punya sistem khusus.
  • Ketiga, pembayaran, sebenarnya ini minor sih. jika kalian membayar dengan debit online, guankan metode kartu kredit, jangan menggunakan metode paypal. soalnya saya pernah mengalami error payment. padahal sudah membayar menggunakan debit via paypal eh. di cancel oleh sistem. Untungnya hal itu bisa teratasi. cuman lama saja prosess refundnya.

Artikel lain mungkin kamu tertarik

Cara belanja di aliexpress dengan kartu debit apapun
Cara belanja alibaba dengan kartu debit
Cara Melakukan Request Refund di Alibaba
Cara Belanja di Taobao pake debit kartu indonesia (Part 2)
Cara Melakukan Disputes atau Banding di Aliexpress

Jika ada barang yang serupa di kedua situs tersebut. coba bandingkan dari segi harga, diskon dan shipping cost

Jika di bandingkan dengan situs aliexpress sebenarnya ada plus minusnya. Aliexpress kita bisa menawar ke seller, jika kamu ingin membeli dengan jumlah quantitynya cukup banyak. seperti di blog yang saya tulis berjudul Cara melakukan penawaan belanja di aliexpress , lalu di situs aliexpress beberaa seller menawarkan free shipping. walaupun di saat pademi seperti ini , hampir sebagain besar para seller sudah tidak lagi menawarkan free shipping. lalu kekurangan aliexpress pengiriman suka lama, bisa 2 minggu bahkan lebih, belum lagi prosess di beacukainya lama.

Lalu lebih baik yang mana untuk membeli barang di china Banggood apa aliexpress, jawabnya sebenarnya tergantung kamu sendiri. tips nya jika ada barang yang serupa di kedua situs tersebut. coba bandingkan dari segi harga. jika harganya agak mahal sedikit di bandingkan di situs aliexpress misal. ya saya sarankan beli di banggood saja. karena prosess lebih cepat dalam pengiriman. itu saja sih sarannya.

Nah itu Kelebihan Banggood di banding Aliexpress. Semoga tulisan ini bermangfaat….

Author

Dei, ber-profesi sebagai tukang gambar, netpreneur, handsome Daddy 😁 dan mantan penulis. Mencoba aktif menjadi penulis lagi. Lihat portfolio saya di theprojekts.com

2 Comments

  1. Nicky Oktaria Reply

    Tp kaya nya kuantitas barang2 nya jauh lbh sedikit y om drpd Aliexpress? Atau mungkin saya yg kurang terinfo. Tp bnr bgt sih soal wkt pengiriman. Jauh lbh cpt dr Aliexpress.

    • Kalo bicaranya banyakan barang yang di jual, mungkin iya, lebih banyak di aliexpress di bandingkan banggood. tp klo maksudnya, membeli barang dengan kuantiti banyak saya blm pernah coba. bisa di bilang banggood lebih menyasar orang end user, bukan untuk di jual lagi. klo tujuanya untuk di jual lagi misal, lebih baik beli di Alibaba. :). Betul sekali pengiriman jauh lebih cepat.. itu enaknya belanja di banggood.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.