Di artikel kali ini saya ingin meberitahu kamu bagaimana cara belanja di alibaba dengan kartu debit, bagi kalian belum tahu. Alibaba, adalah situs e-commerce berfokus kepada B2B atau business to business. jadi kalau kalian ingin berbelanja dengan jumlah yang bayak bisa menggunkan layanan situs alibaba.

Mungkin beberapa dari kalian kurang familiar dengan situs alibaba. atau lebih familiar dengan situs bernama aliexpress. Alibaba dan Aliexpress masa-sama saja, namun beda pasarnya. Aliexpress fokus ke B2C sedangkan Alibaba ke B2B. Mengerti ya? Ok saya lanjutkan.

Cara belanja di alibaba, agak berbeda metodenya. walaupun ada beberapa barang yang memang menggunakan metode ready to ship pada umunya. yaitu seperti kamu beli barang, pilih produk, masukan ke keranjang dan langsung melakukan pembayaran.

Namun hampir kebanyakan, di situs alibaba kamu harus melakukan penawaran terlebih dulu.

Baca juga artikel yang lainya:

Cara melakukan request refund di alibaba
Cara membayar pajak impor dari alibaba dan aliexpress
4 Hal wajib kamu ketahui sebelum berbelanja di alibaba
Cara melakukan penawaran belanja di aliexpress
Cara Belanja di Taobao pake debit kartu indonesia (Part 1)
Cara Belanja di taobao pake debit kartu indonesia (Part 2)

Cara belanjanya bagaimana? ya sama saja, namun kamu bertanya terlebih dulu ke supplier, misalnya kamu membeli casing hape untuk merk dan jenis tertentu, dan kamu berencana membeli 100pcs, misal. ya udah tinggal di tanya saja. dan tunggu kabar dari supplier. lihat tips di artikel saya berjudul 4 Hal Wajib kamu ketahui sebelum belanja di Alibaba.

Cara berbelanja di alibaba dengan kartu debit, emang bisa? Sudah bisa ya… 😁. eits, tapi tidak semua kartu debit di indonesia bisa digunakan untuk bertransaksi secara online. Saat ini baru bisa beberapa bank saja. yaitu:

  • Bank BCA dengan kartu debit BCA berlogo master card.
  • Bank BTPN (Jenius) dengan Semua kartu Debit Jenius
  • Bank DBS (Digibank)
  • Bank CIMB Niaga (saya lupa yg mana)
  • Bank BNI dengan kartu debit yang mendukung Debit online, sama seperti BCA.

Bank di atas aja yang saya tahu, yang sudah saya coba dari beberapa kartu, baru kartu debit jenius saja, sisanya belum. πŸ˜…(Maaf ya). Kebanyakan saya belanja pake kartu kredit. hehehe.

Bagaimana cara bertransaksinya? silahkan simak video di bawah ini. cara memasukannya sama seperti memasukan nomor kartu kredit. Semoga bermangfaat.

Author

Dei, ber-profesi sebagai tukang gambar, netpreneur, handsome Daddy 😁 dan mantan penulis. Mencoba aktif menjadi penulis lagi. Lihat portfolio saya di theprojekts.com

23 Comments

  1. Assalamualaikum kak, mau tanya untuk proses pengirimannya bagaimana ya, apakah kita tinggal menunggu barang sampai rumah?

  2. Kak, saya mau belanja di alibaba bayar pake jenius. Pas udah masukin nomor kartu sama security code. Ada nama dan alamat yg perlu di isi. Itu nama dan alamat untuk kirim barang/ nama n alamat pemiliki akun alibaba atau alamat pemegang kartu jenius. Soalnya identitas pemegang kartu sama pemilik aku serta alamat pengiriman berbeda??

    Mohon bantuannya kk, terimakasih πŸ™‚

    • Dei Reply

      Itu pada saat memasukan alamat setelah memasukan nomor kartu dan cvv. itu bukan alamat pengiriman. tapi billing address. alamat yang kamu isikan sesuaikan dengan alamat kartu ya.

      Billing Address dan Shipping address jika beda, itu gak jadi masalah. Semoga membantu. πŸ˜€

  3. mau tanya,saya bayar pake jenius kok saldo tidak cukup ya,padahal saldo sy lebih dari cukup.Apa perlu tukar ke usd dulu di jeniusnya??

    • Dei Reply

      Pertama pastikan kartu virtual di aktifkan dulu , lalu di top up. klo saldonya tidak cukup itu bisa jadi nilai tukar rupiahnya. misalnya harnya $10, tp kan di rupiahkan itu 140.000 ribu. pastiin saldonya cukup, gak harus di pindahkan ke dollar. gak ngaruh juga.. karena yang di ambil itu adalah saldo utama.

  4. kak mau nanya, saya baru mau mencoba transaksi alibaba dengan metorde pembayaran Debit Card, saya gunakan kartu MasterCard Debit BCA, tapi kenapa payment nya selalu gagal ya ?

    • Apa sudah coba kontak call center BCA ? Dan apakah suah mengaktifknya di mobile banking bca?

  5. Abdul Latip Komarudin Reply

    sama saya juga pakai BCA master Card gagal terus, tlp HAlo BCA katanya kalau bca itu pakai 3Dscure, sedangkan alibab tidak pakai jadi untuk keamanan tidak bisa

    • Klo debit BCA bca MasterCard belum pernah saya coba, tapi klo pake Kartu Kredit BCA bisa, yang sudah pernah coba Pake Jenius, gak ada masalah. Biasanya awal2 pake 3D secure, tp kesini kesini udah enggak. coba ajh pake debit online yang lain.

  6. Kak kalo kita belanja di Alibaba trus harganya tuh kan misal 40 jt apakah bisa bayar pakai CC dengan sistem cicil

    • Gk ada sistem cicil mencicil di alibaba, klo mau langsung ke pihak bank terkait. minta di gati jadi cicilan.

  7. Halo kak mau nanya, jd saya make alibaba baru 3x pembelian pakai kartu debit BNI Syariah sebelumnya, nah karna semua bank syariah migrasi ke BSI kan terus tadi saya baru mau klik bayar, eh gataunya langsung kebayar tidak ada diminta verif/SMS masuk gituu, apa kartu debit bisa terhubung langsung ke aplikasi ya seperti berlangganan gitu? cara unconnect nya gimana ya? tp yang terdata disitu kartu debit BNI Syariah yang lama saya tau karna kan ada info belakang nomor kartu dan keterangan disitu ‘payment complete’

    • Jika sebelumnya sudah terkoneksikan dengan BNI debit syariah, baik banknya sudah merging kartunya masih tetep bisa di gunakan. di alibaba tidak ada sifatnya berlangganan. cara unconnection delete kartu yang sudah di simpan di alibaba. gth ajh gampangnya. semoga membantu.

  8. Niftah khusurur Reply

    Ijin bertanya pak, Apakah kartu debit bca bisa di gunakan untuk transaksi di alibaba??

    • Bisa, namun dengan layanan BCA debit card mastercard, lebih detialnya silahkan cek di website official BCA disini semoga membantu

  9. Kak itu security code yg masukkan pin atau apa sih kak?baru pertama kali kak belanja di alibaba

  10. halo, kak. jadi saldo tidak perlu dipindah ke e-card atau lainnya ya? di saldo aktif saja sudah cukup lalu nanti akan ter-autodebt dengan sendirinya? terima kasih

    • Dei Reply

      Klo pake kartu debit nya misalnya pake jenius, bukan gunakan nomer kartu yg e-card. ya gk perlu. tp klo nomer kartunya ya e-card ya harus pindahin saldonya.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.