Primary Navigation

Online shopping using credit card

Cara Melakukan Penawaran Belanja di Aliexpress

Belanja di aliexpress, sudah tahu situs bernama Aliexpress? mungkin sebagian dari kamu-kamu semua sudah hampir tahu dengan situs Aliexpress, ya. Aliexpress adalah situs marketplace terbesar didunia hampir seperti Amazon namun produk mereka tawarkan adalah produk Made in China, memang hampir semuanya produk di jual di aliexpress adalah produk buatan negara tirai bambu.

Hampir segala macam produk tersedia disana, dan hampir rata-rata para seller yang berjualan di situs marketplace di indonesia seperti tokopedia, bukalapak atau shopee, mendapatkan atau membeli produknya rata-rata dari sana.

Mungkin kamu jika belum tahu, apa bedanya situs Aliexpress dan Alibaba. kedua situs tersebut adalah ecommerce marketplace namun beda market pasar. Jika kamu lihat Aliexpress menjual produk mulai dari satuan, dan jika Alibaba khusus menjual produk dalam jumlah banyak. Dalam arti lain adalah Aliexpress untuk konsumen biasa atau end user, dan Alibaba khusus untuk reseller dan distributor. Sudah jelas ya perbedaanya?

Di artikel yang saya akan jelaskan lebih mengarah bagaimana cara melakukan penawaran disitus Aliexpress. Mungkin kamu bertanya apa bisa, kan beda dengan situs Alibaba. jawabnya adalah bisa.

Contoh Kasus

Saya ambil satu contoh, kasus. Disini saya sedang mencari kabel klip untuk saya jual kembali. dan saya menemukan barangnya di Aliexpress. seperti ini:

Cara belanja di situs aliexpress

Jika dilihat mereka menjual per 20pcs dengan harga mulai dari $1.20, saya mencoba melakukan penawaran dengan harga per 1 lot = 20pcs denga $0.8. Caranya bagaimana? kontak langsung seller yang bersangkutan.

cara melakukan penawaran di situs aliexpress
Cara menghubungi seller di aliexpress

Dengan cara klik atau tap tombol contact, seperti gambar di atas. jika sudah kamu lakukan, silahkan lakukan negosiasi. Biasanya saya menggunakan template pertanyaan seperti ini :


Hi, I interested with your product, and I would like to buy 50 lots, is it possible can I get price $0,80? for all colors? please let me know as soon as possible.

Template melakukan penawaran di situs aliexpress

Nah itu adalah contoh pertanyaan untuk memulai bernegosiasi. dan tunggu apa yang akan mereka balas.

melakukan penawaran belanja di aliexpress
Kirim pesan seller aliexpress

Jika pertanyaan kamu ajukan di respon oleh pihak seller di Aliexpress, dan mereka menyetuji, langkah kamu selanjutkanya adalah melakukan checkout, namun jangan lakukan pembayaran ya.

Langkah-langkah cara melakukan transaksi tanpa membayar

  1. Masukan produk dengan kuantiti yang anda telah sepakati.
  2. Masuk ke cart, lalu lakukan pemilihan metode pembayaran.
  3. Pilih Western Union, setelah itu kamu akan mendapatkan informasi atau kode pembayaran. Dan jangan kamu lakukan.
  4. Beri kabar kepada seller bahwa kamu sudah malakukan checkout namun belum melakukan pembayaran, dan minta ke seller untuk adjustment total harga. jika sudah dilakukan biasanya seller akan memberitahu kamu. dan juga kamu dapat email notifikasi dari Aliexpress, yang isinya itu informasi adjustment.
  5. Lakukan pembayaran seperti biasa, dengan kartu kredit atau doku bagi yang belum mempunyai kartu kredit. Jika belum punya kartu kredit bisa gunakan alternatif pembarayan menggunakan Jenius dari Bank BTPN, Digibank dari Bank DBS atau Debit BNI Online dari Bank BNI.

Jika sudah dilakukan, maka transaksi anda telah berhasil. Semoga artikel ini bermangfaat bagi kamu-kamu yang ingin berencana memulai usaha dengan cara membeli barang dari luar. Selamat berbelanja di situs aliexpress.

Video Terkait



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.