Primary Navigation

5 Tips menjadi seller di Etsy.com

Saya ingin berbagi tips bagaiman kamu bisa registrasi menjadi seller di Etsy.com. Bagi yang belum tau Etsy, Etsy itu adalah situs marketplace fokus bahan handmade atau homemade, semacam Ebay. namun fokus ke barang kerajinan tangan. Semakin berkembang Etsy membolehkan anda berjual apperel atau produk digital juga membolehkan anda berjualan bermitra perusahaan yang menyediakan Printing On Demand. Berikut 5 tips menjadi seller di Etsy.

1. Register Sebagai Seller

Khusus untuk pengguna Indonesia, yang mencoba menjadi penjual di Etsy, biasanya akan dibatasi, saat anda sudah melakukan registerasi sebagai seller, jeda 1 – 3 hari, etsy akan mengirim email penagguhan akun. alasannya bermacam-macam. Dan itu pernah tejadi kepada saya dulu.

Ketika Anda sudah terdaftar sebagai akun biasa dan mendaftar sebagai seller Etsy, setelah Anda menambahkan kartu kredit dan akun Paypal Anda. Jangan memposting produk terlebih dahulu. tapi saya sarankan Anda menghubungi Etsy Support, Anda jelaskan bahwa Anda ingin membuka toko. Sekarang Etsy memungkinkan pembukaan toko dengan metode pengiriman Dropship. tetapi Anda harus menambahkan lokasi dropship ketika Anda setup store.

2. Credit Card dan PayPal

Sebagian besar beberapa orang di Indonesia tidak memiliki kartu kredit, ini membuat masalah besar jika Anda ingin membuka toko di Etsy, jangan khawatir sekarang beberapa bank memiliki kartu debit online seperti Jenius, Digibank, debit BNI Online. Anda dapat menggunakannya sebagai alternatif bagi yang tidak memiliki kartu kredit. Dan juga Anda perlu mendaftar akun PayPal. Sekarang PayPal tidak memerlukan kartu kredit untuk membuat akun Anda diverifikasi. Jadi semuanya bisa dilakukan.

3. Produk yang dijual

Sebagian besar seller Indonesia menjual pakaian dan produk digital, seperti t-shirt, tas jinjing, legging. Jika produk digital mereka menjual aset untuk dicetak seperti pesta ulang tahun, pesta pernikahan, spanduk toko Etsy, desain kartu nama dll. Tapi kadang-kadang saya melihat beberapa penjual menjual Website theme semacam Wodpress, Shopify dll.

4. Metode Pembayaran

Etsy hanya menerima beberapa pembayaran seperti Etsy Payment, PayPal, dan Payment by mail ini semacam kirim uang kali, tapi pake pos, mungkin 😅 . Khusus untuk seller internasional seperti Anda, metode pembayaran yang dapat digunakan adalah PayPal atau Payment by mail. Sebagian besar buyer akan menggunakan PayPal. Saya merekomendasikan jika Anda memiliki lebih dari satu akun Paypal, gunakan satu akun PayPal hanya untuk menerima pembayaran dari buyer Etsy. Jangan digabungkan dengan penerima dana di berbagai situ. terkadang PayPal tiap 6 bulan sekali melakukan razia akun, untuk di-review meminta anda untuk mengirimkan beberapa dokumen, ribet dah. harus telepon ke PayPal SG pula.

5. Situs Dropship terpercaya

Saya hanya tahu beberapa situs saja, dan yang pernah saya gunakan beberapa diantaranya adalah:

  1. Printful.com cukup banyak jenis barang yang bisa print, bukan hanya t-shirt, topi, backpack, phonecase, hoodies, sweater, jogger dan masih banyak lagi. Untuk harga cukup bervariasi ada yang mahal ada yg murah tergantung brand t-shirt atau produk . Paling murah itu Gildan & Anvil rata-rata itu yang sering saya gunakan. Mungkin beberapa anda tidak bisa melakukan register atau login ke situs printful.com. dikarekan mereka tidak melayani user dari indonesia dengan alasan suka pake kartu kredit orang lain. alias carding. cara biar bisa register atau login anda harus menggnakan VPN.
  2. Tshirtgang.com ini udah cukup lama juga dulu sebelum printful, situs ini yang sering saya pakai. bahan t-shirt dari mereka standard seperti Gildan dan Anvil, juga mereka menjual bukan hanya t-shirt produk yang mereka tawarkan kurang lebih sama.
  3. printify.com situs ini saingannya printful mirip-mirip namun saya belum pernah coba. 😁

Video Berkaitan



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.