Primary Navigation

Tiga Cara Mendapatkan Client Di Projek Desain

Sebagai freelancer untuk mendapatkan projek tentunya adalah dengan cara mendapatkan client. bagi yang baru memulai menjadi seorang freelancer, mencari client itu bukanlah hal mudah. apalagi kamu belum mempunyai pengalaman. Disini saya coba membagi tiga cara mendapatkan client di projek desain.

Caranya bagaimana? ya banyak caranya kamu bisa tentukan sediri sebenarnya.

Cara pertama

Cara pertama, dengan membuka akun di beberapa situs freelancer populer seperti upwork, workana, freelancer.com , toptal dan masih banyak lagi. Tentunya tidak hanya membuka akun ya, kalian harus melengkapi profile kalian selengkap mungkin. Di beberapa situs seperti toptal dan upwork kalian tidak dapat langsung bisa mendaftar. Jika tidak salah membuka akun di upwork kamu harus menunggu juga. Dan di toptal kalian harus melewati beberapa tahapan proses yang cukup ketat. Bagi kalian yang sudah mendaftar di platform upwork, silahkan ikutin beberapa tips n trik artikel yang saya buat, semoga membantu.

Tips Membuat Profile Upwork Lebih Menarik
Tips submit proposal upwork lebih cepat diterima
Cara Membuat Estimasi Project Dan Revisi Design Di Upwork
Cara Menghitung Harga Design Di Upwork
Tips Menjadi freelancer sukses

Cara kedua

Karena artikel ini berkaitan dengan design, ya pasti kalian harus mempunyai beberapa portfolio sebagai pendukung agar calon client lebih percaya bahwa kamu adalah seorang desainer dan mempunyai pengalaman mengerjakan projek, ya walaupun projeknya hanya projek konsep saja. Itu tidak apa-apa. client sangat jarang menanyakan mengenai projek apa yg telah kamu kerjakan jika itu terjadi ya kamu bisa langsung menceritakan projek tersebut.

Portfolio kalian bisa di publish di beberapa situs terkenal semacam behance atau dribbble, saya tidak menyarankan kalian mempublish portfolionya instagram. bukan tempatnya sih kalo menurut saya. Ingat ya. mempublish portfolio di dua situs tersebut bisa mendapatkan client juga loh. Saya sempat mendapat beberapa client dari kedua situs tersebut.

Cara ketiga

Langkah terkahir adalah the power of mouth, ya jangan salah ya.. ini efeknya domino loh. Saat kalian mengerjakan projek dari teman, kerabat atau client sekalipun, dan hasil projek yang kamu kerjakan hasilnya memuaskan mereka. Bukan tak mungkin kamu akan di rekomendasikan ke yang lain. Ya, ini pernah saya alamai juga baik projek lokal atau pun projek luar.

Nah bagi yang benar – benar baru, bagaimana? menurut saya cara kedua adalah solusinya, memang tidak secara instan akan terasa tapi berefeknya longterm, jangka panjang. Dengan kalian regular update hasil karya projek-projek konsep yang dikerjakan. Semakain banyak semakin kamu mengasah keahlian semakin banyak juga hasil karya kamu dapat. Mencari uang sebagai freelancer utamanya full online. memang membutuhkan waktu. jadi tidak bisa cara cepat untuk meraih kesuksesan.


Nah itu adalah Tiga cara mendapatkan client di projek desain, isinya memang terlihat basic tapi, lihat metode itulah yang saya gunakan dan telah menjadi bukti. Semoga artike ini dapat membantu apa yang menjadi masalah bagian kalian yang baru saja ingin memulai menjadi seorang freelancer. Sehat selalu dan sukses!.



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.