Primary Navigation

Estimasi project di upwork

Cara Membuat Estimasi Project Dan Revisi Design Di Upwork

Cara membuat estimasi project dan revisi desain di upwork, itu adalah topik yang akan saya bahas di artikel kali ini. Sharing mengenai mangamen design revisi-an setiap project baik project dari upwork client atau diluar itu. Managemen revisi seperti ini tidak ada metode yang fix, efektif atau enggak itu tergantung penilaian masing-masing designer.

Pada saat tahapan Pitching, para client hal pertama yang akan ditanyakan kepada para freelancer adalah project estimation atau estimasi project kapan selesai. Nah bagimana cara kamu untuk menghitungnya? Jika saya pribadi cara menghitung estimasi project di upwork atau lainya seperti ini:

Contoh Kasus

Client ingin membuat website company profile dengan total jumlah halaman adalah 5 halaman, antaralain:

  1. Homepage
  2. About us
  3. Article list
  4. Article Details
  5. Contact Us

Client pun meminta kamu untuk membuatkan desain responive dengan jumlah yang sama, yaitu 5 pages. Total keseluruhan adalah 10 pages. 5 ukuran desktop dan 5 ukuran mobile.

Artikel Berkaitan

Tips cara mendapatkan project di upwork senilai $500 atau lebih
Memulai freelancer di Upwork
Setup profile upwork
Cara apply project dan buat cover later upwork
Cara terima project di Upwork
Sharing project mudah bernilai $200

Cara Perhitungan Estimasi Project

Cukup mudah cara perhitunganya, misal dalam membuat design homepage, kamu bisa mengerjakan waktu berapa lama? katakanlah 3 jam. Dan untuk page lainya kamu alokasikan setiap 1 inner page bisa kamu kerjakan 1 jam. jadi total waktu yang kamu butuhkan adalah 7 jam dalam membuat design website. Apakah itu cukup? belum. Kenapa? karena itu belum termasuk waktu untuk merevisi.

Cara Perhitungan Revisi Project.

Jika untuk membuat semua draft desain 5 halaman adalah 7 jam, maka cara perhitungan revisi-an seperti ini. katakanlah untuk merevisi homepage membutuhkan kuran lebih nya 2 jam. (2 jam mulai awal revisi sampai final, dan benar-benar tidak ada perubahan lagi ). Biasanya banyak waktu dihabiskan untuk membuat desain style di halaman homepage. Rata-rata berdasarkan pengalaman seperti itu. Lalu sisanya untuk inner page, alokasikan waktu revisi 1 jam, maka jika ditotal adalah 6 jam untuk perhitungan revisi project.

Metode Update

Terkahir, metode update biasanya saya terapkan kepada saya pribadi dengan cara, dalam waktu 1 minggu setidaknya saya akan melakukan update ke client 2 – 3 kali. tool yang saya gunakan biasanya dropbox, namun jika client mempunyai akun di inVision, Marvelapp atau Zeplin. Saya baisanya akan langsung update ke salah satu tool tersebut tanpa harus setiap saat meng-export hasil desain dan upload berkali-kali. Gunakan fasilitas cloud service. 😃

Estimasi project di upwork

Kesimpulan

Maka jika dijumlahkan untuk membuat 5 halaman website membutuhkan waktu 13 jam, apakah waktu tersebut sifatnya tetap? Tidak. Itu sifatnya hanya kasaran bedasarkan pengalaman saja. Jika kamu ingin dibulatkan perhitunganya adalah 15 jam. 2 jamnya untuk apa? 2 jam itu bisa kamu gunakan untuk research, mencari assets dan lainya.

Jika project tersebut type fixed project, maka kamu harus mengubah yang tadinya per jam ubah ke hari, caranya bagaimana? Berapa jam yang kamu bisa luangkan untuk mengerjakan project tersebut dalam sehari. misalkan kamu hanya bisa mengerjakan project dalam sehari hanya 3 Jam. jadi 15 jam / 3 maka total nya adalah 5 hari pengerjaan.


Nah begitulah cara melakukan perhitungan estimasi project dan revisi menurut perhitungan saya pribadi. Estimasi tersebut sifatnya hanya kasaran ya, bukan saklek atau fix. Jika pada kenyataanya itu lebih cepat itu lebih baik, namun jika sebaliknya setidaknya client tidak berharap terlalu besar. Yang penting dikomuikasikan kedua belah pihak agar terjalin komunkasi dengan baik.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.