Primary Navigation

Menghitung harga design

Cara Menghitung Harga Design Di Upwork

Cara menghitung harga design di upwork. cukup mudah dilakukan cara melakukan perhitungan design mobile app dan design website, caranya kamu bisa gunakan perhitungan saya buat sebagai acuan saja, sifatnya bukan tetap atau fix ya. Bisa kamu gunakan di situs freelance manapun.

Time is money

Time, sering mendengar istilah waktu adalah uang, ya memang betul waktu itu sangat berhaga setiap detiknya. Cara mudah untuk menghitung harga desain dimulai dari harga kamu per-jam berapa, atau luar sana istilahnya rate. Katakanlah per-jam kamu adalah $15 dan hanya mempunyai pengalaman di bidang pembuatan website atau mobile app hanya sekedar membuat konsep misalnya.

Artikel berkaitan

Tips cara mendapatkan project di upwork senilai $500 atau lebih
Memulai freelancer di Upwork
Setup profile upwork
Cara apply project dan buat cover later upwork
Cara terima project di Upwork
Sharing project mudah bernilai $200
Cara membuat estimasi project dan revisi design di upwork

Untuk mengetahui cara melakukan menghitung harga jasa design pembuatan website atau mobile app yang berikut caranya

Perhitungan design website, Saya ambil contoh pembuatan website terlebih dulu, total website ada 7 kataklah, hal utama dalam pembuatan website biasanya menentukan style homepage. Mulai draft konsep hingga final design membutuhkan waktu kasarannya kurang lebih 6 – 7 jam misal. Itu baru homepage, bagimana dengan internal page. (Internal page atau innerpage adalah semacam single page, detail artikel, contact us dll biasanya mengikuti style dari homepage) biasanya memakan waktu rata-rata 2 – 3 jam bisa dibilang seperti itu, karena fondasi desain biasanya sudah mengikuti style dari homepage.

Cara menghitung harga desain, satuan. 
Rumus kasaran (Rate x Total waktu pengerjaan)
Homepage
$15 x 7 = $105

Inner page 
$15 x 3 = $42

Harga, cara perhitungannya kurang lebih seperti itu, ingat harga diatas itu belum di potong oleh fee upwork 30% ya, jadi jika kamu ingin mendapatkan nilai bersihnya, silahkan markup saja. Bisa dibulatkan $150 atau $200. Dan untuk inner page design kamu bisa markup hinggal 2x lipatnya menjadi $80. Setiap satu Inner page design.

Rumus mudah menentukan harga design

Perhitungan design mobile, kurang lebihnya sama namun ada perbedaan yang harus kamu pahami, bisanya mobile app itu, terbagi menjadi dua type native dan hybird. Jika native itu dibagia dua iOS dan Android, jika hybird itu satu. Di mobile app itu jumlah designya cukup banyak paling sendikit biasanya 10 – 15 screens, tergantung project apa yang akan dibuat. Perihtungannya yang saya lakukan di bagi dua tipe, main screen dan additional screen.

Main screen itu design yang dibuat tidak berulang, misalnya onboarding screen, dashboad, homescreen, profile, feed sceen dll. Itu hanya contoh.
Additional screen, desain yang dibuat berulang-ulang dan memiliki kesamaan dalam layout seperti popup, error message, confirmation, success screen.

Cara perhitunganya sama saja dengan rumus pembuatan website diatas (rate x total waktu pengerjaan)
Contoh:
Pembuatan onboarding screen, katakanlah 3 screens. Setiap 1 screens kamu membutuhkan waktu 2 jam mulai pembuatan illustrasi hinggal layout. Rate $15 x 2 = 30 * 3 screens = $90

Begitu pula sebaliknya untuk pembuatan additional screen. Setiap 1 screen katakanlah kamu hanya membuthkan waktu 1 jam dalam pembuatanya. Maka harganya setiap additonal screen itu $15 (Rate waktu kamu dalam satu jam pengerjaan).

Kamu bisa membuat rate untuk satu screen main design bisa kamu berikan harga $25 dan untuk additional screen, kamu bisa memberikan harga $20 untuk setiap satu screen.


Begitulah cara perhitungan harga dengan cara perhitungan dari saya pribadi, jika ada metode perhitungan yang lebih baik. Boleh di share di komentar. Semoga bagi kamu-kamu yang masih bingung dalam menentukan harga bisa tercerahkan dengan adanya artikel yang saya buat. Artikel yang saya buat ini hanya sebagai contoh saja, rate yang saya gunakan itu bisa kamu ganti sesuai dengan masing-masing. Semoga artikel ini bermangfaat dan membantu. Semoga sukses menjadi seorang freelancer!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.