Awal tahun 2021, saatnya set resolusi donk ya. Planning saya di tahun ini ingin transisi design tool yang sudah lama saya pake yaitu sketch, dan pindah ke aplikasi figma. Sesuai topik-nya terlebih dulu , cara mendapatkan figma Professional gratis selama 2 tahun.

Ya, kenapa di tahun ini adalah tahun pas untuk beralih ke figma, saya bisa katakan figma sudah cukup mature sebagai aplikasi tandingan sketch dan adobeXD. dengan berbagai keunggulan yang di dapat. Terutama Figma adalah web-based application, jadi cukup dengan menggunakan browser sudah bisa mendesain.

Artikel Berkaitan Dengan Desain

Tiga Cara Mendapatkan Client Di Projek Desain
Tipe Desain Freelancer perlu kamu tahu
Hal-hal yang perlu disiapkan menjadi seorang UI/UX Designer di 2021
Cara Membuat Grid 1170px Di Sketch, Figma & AdobeXD
Menjadi Seorang Freelancer Designer Pemula

Cara Mendapatkan Figma Professional Gratis

Cara mendapatkanya sebenarnya cukup mudah, cuman hitungan menit saja kalian bisa mendapatkan akun figma professional secara gratis.. mengutip dari persyaratan situs web resminya. ada dua tipe yang eligible untuk mendapatkan akun figma secara gratis. yaitu student atau mahasiswa dan (Educator) pengajar.


 To qualify for an Education team you must:
 ✅ Be at least 13 years of age 
 ✅ Be a student or educator in a classroom 
 ✅ Verify your Education status 

Students and educators in online or in-person classes and educational programs are eligible for an Education team. Some examples are:

  • High schools, universities, post-graduate institutions, trade schools, polytechnics, or colleges
  • Online courses
  • Bootcamps or workshops
  • Design and coding academies

Trik Cara Mendapatkan Figma Professional

Trik mendapatkan figma professional secara gratis triknya gampang sih, sebenarnya jika kalian masih mahasiswa tinggal gunakan, email dari kampus saja. jika masih sekolah tinggal gunakan email personal saja. kasih tau sekolahnya dimana jurusan apa. Jika kalian pekerja di akalinya ambil kelas di udemy atau class offline lainya.

Apa bedanya dengan versi free starter?

Bedanya bisa kalian lihat gambar di bawah ini :

Figma Professional Gratis

Bedanya antara free dan professional tepatnya jika akun free kita tidak bisa menggunakan component atau library di file yang berbeda. misalnya begini library di file A , file B adalah untuk mendesain . klo kita ingin akses library komponen di file A, jka free plan itu tidak bisa. kekurangnya itu saja. tapi kalo kita menyimpan desain sebagai draft seperti gambar di bawah ini :

Figma Professional Gratis

itu unlimited. tapi kalau simpan dalam group yang bebeda itu di batasi.. itu ajh sih kekurangnya. jika kailan berhasil mendapatkan free professional account, kalian akan mendapatkannya selama 2 tahun. contoh email jika berhasil mendapatkanya seperti di bawah ini:

Figma Professional Gratis

Jika sudah, kalian akan di minta untuk membuat team, di dalam aplikasi figma, prosess pengajuanya cepet kok, gak lama, cuman sekitar 5 menit langsung dapet. contohnya seperti gambar di bawah ini, nanti ada tulisan education team.

Bagusan Mana Figma, Sketch atau AdobeXD?

Setiap masing-masing aplikasi ada plus dan minusnya. tergantung penggunaanya saja. Figma itu kelebihnya web based app, atau apliksi berbasis website. jadi cuman modal browser ajh itu sudah cukup. jika sketch app, itu cuman ada di mac dan hanya free trial selama 30hari, untuk adobeXD free juga sih, buat saat ini. cuman di batasi penyimpanan secara cloudnya hanya 2GB. So, bagi kalian yang ingin belajar desain. Aplikasi Figma bisa menjadi sebagai alternatif untuk mendesain.


Nah itu cara mendapatkan figma professional secara Gratis, gampangnya dimana ajah kemauan disitu ada jalan. Semoga membantu dan bermangfaat untuk artikel kali ini.

Author

Dei, ber-profesi sebagai tukang gambar, netpreneur, handsome Daddy 😁 dan mantan penulis. Mencoba aktif menjadi penulis lagi. Lihat portfolio saya di theprojekts.com

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.