Memasuki Dunia Freelance

Become_freelancer

Kali ini saya akan coba sedikit berbagi pengalaman bagaimana memasuki dunia freelance. Dunia ini sebenarnya sudah cukup tenar di kalangan luar. Kalo di indonesia mungkin masih baru – baru kali ya.

Ok. Jika anda seorang Designer or Developer (programmer) dan ingin memulai menjajaki dunia freelance, Welcome to the new world. #shakehand.

Langkah pertama untuk memulai keranah ini adalah mempunyai skills yang cukup *setidaknya dasar dari skills anda udah oke lah . Lalu persiapkan bahasa inggris dasar dan selalu buka google translate dan bing translator, jika anda belum jago dalam writing or speaking.

Langkah kedua, persiapkan portfolio, jika seorang designer, posting dull showcase di behance.net or dribble.com, biar terlihat awesome!, Lalu pilah mana yang paling The Best.

Jika anda seorang developer, screenshot website yang pernah anda buat, di banyakain ya. cari yang paling the best by design and by system. cari yang complicate website yang pernah di buat. Agar terlihat cool when client want to see it. for instance sites such as bhineka, lazada or related.

jika sudah semuanya, lakukanlah daftar di beberapa website di bawah ini :

 

1. Elance.com

Elance-logo-300x118

Elance.com adalah situs dimana anda dapat mencari pekerjaan  secara online atau bagi anda seorang bisnis anda dapat mencari seorang freelancer untuk bekerja dengan anda. Anda dapat dengan mudah medaftarkan diri sebagai seorang freelancer disana. cukup registrasi isi email, nama dll.  Berhubung kebanyakan saya berkecimpung di sana.  jadi cukup hafal :).  Saran saya isi selengkap mungkin data diri anda, mulai dari nama , email, profile foto, portfolio, bank account, dll. and in the end lakukan wawancara secara online via skype agar profile mu menjadi verified, Jangan takut untuk melakukan wawancara hanya cek ajah data diri yang di masukan benar atau tidak kebanykan cuman liatin ID KTP doank udah gituh ajh.  setelah itu dapat info akun anda sudah terferifikasi.

* Itu saran saya saja, tanpa melakukan itu sebenarnya bisa saja langusng pupose proposal tapi bagusnya ya di verifikasi. Agar terlihat anda itu niat bikin and serius untuk menggeluti dunia freelance.

 

2. Odesk.com

odesk_logo

Odesk.com sebenarnya tak jauh beda dengan Elance, toh Odesk dan Elance sebenarnya satu perusahaan. Langkahnya serupa saja, cukup daftar seperti biasa, cuman di Odesk tidak ada wawancara seperti itu. Cuman untuk pupose jobnya di batasin kalo gak salah 10 – 15 .

 

3. Freelancer.com

2015-02-23_00-40-38

Freelancer.com. sama juga dengan Odesk dan Elance , tapi mereka sangat banyak service dan kategorinya terlebih lagi mempunyai sistem yang memberikan data pekerjaan secara realtime, setiap beberapa menit itu kita dikasih new feed, mengenai pekerjaan baru. Cuman paling tidak sukanya terkesan disana dikit-dikit harus mengeluarkan biaya dll. lalu di profile anda sangat di batasi dalam memasukan hasil portfolio kita, jika anda member biasa (free) Jika di lihat dari tampilan lebih flat and moderen and semacam social media banyak banget pekerjaan disana namun sainganya juga banyak, apalagi orang india dan pakistan.

 

4. Guru.com

10712667_10152371450336822_8704390134206719031_o-e1424627037425

Guru.com sama tak jauh beda dengan ketiga situs di atas, bedanya hanya dari payout saja, dia hanya terima payout ke akun paypal, semacam apply job, rata-rata sama. yang menjadi daya tariknya di guru.com adalah anda dapat membuat service sendiri, mirip seprti studio envato.

 

5. Studio Envato

studio-envato

Studio Envato yang dulu adalah microlancer, perusahaan ini masih satu akar dengan Themeforest, Namun konsep berbeda dari ke-4 situs yang saya share di atas. Studio envato lebih seperti membuka lapak jualan, jadi anda harus membuat service anda sendiri disana. Jika ada yang tertarik dengan service anda client akan mengirim pesan ke akun anda disana untuk bertanya- tanya.  Penggunaanya sangat mudah sekali.  Namun untuk payout sistemnya sayangnya terjadwal, jadi jika anda sedah menyelesaikan pekerjaan dari klien anda akan di beritahu, dana akan muncul di akun anda setelah 7 hari pada saat client atau anda sendiri mendeliver hasil kerjaan.  Kelebihannya setiap ada projek masuk dari sini, client sudah membayar terlbih dulu. Jadi jangan takut tidak di bayar.

Kesimpulan :

Overall saya kebanyakan berkecimpung di dua situs yakni Elance dan Studio envato,  lebih condong di elance sih klo nerima payout, enaknya disana kita bisa tarik dana kapanpun.  Di elance lebih simple dan gak banyak ini itu, sistem apply proposalnya menggunakan semacam point. Disana juga ada semacam paket membership . Membershipnya point untuk apply job lebih banyak klo gak salah di tambah 80 point. setiap bulanya. Harga membershipnya cuman $10 .

2 Comments

·

Leave a Reply

  1. Hi Hendrick

    My name is Patria from Zeemi.tv, we are looking for UI/UX designer and i am impressed with your work.

    Would mind to email me if you are interested to hear more about it?

    Thank You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *