Di sesi kali ini saya, akan menjelaskan cara bagaimana membuat email domain menggunakan layanan custom domain dari perusahaan ternama, yakni microsoft (Hotmail, Outlook / Windows Live).  sebelumnya saya sudah menjelaskan cara membuat email domain menggunakan layananan dari google apps,  nah kelebihan yang di tawarkan oleh microsoft ini antaranya :

1. Gratis

Nah, layanan seperti ini, semua pengguna internet menyukainya, jika anda ingin membuat email custom tentu di tawarkan bukan hanya itu saja, jika di bandingkan dari pembuatan email dari google, menurut saya pribadi layanan dari microsoft terbilang cukup memumpuni jika anda ingin selamanya gratis ..Open-mouthed smile

 

2. Kapasitas User lebih besar

Nah, yang menjadi kelebihanya layanan email dari microsoft,(Hotmail, Outlook / Windows Live) yaitu memberikan kapasitan layanan user lebih besar, max 500 user, anda dapat membuat email client dari 1 domain, lebih dari cukup tentunya.  dibandingkan denga google hanya memberikan kapasitas pembuatan user max 10 user , jika ingin lebih anda akan di kenakan biaya $20/ user.

 

3. Open Membership

Apa itu open membership, open membersip adalah fitur yang yang di tawarkan microsoft(Hotmail, Outlook / Windows Live) kepada konsumen, anda dapat membuat akun domain layakanya seperti mendaftar email di layanan email client ( yahoo, Google, Windows Live ) namun dengan layanan domain anda sendiri. sangat berfungsi sekali untuk digunakan sebagai layanan membersip komunitas .

 

4. Skypdrive

Anda dapat menikmati layanan data clound skypdrive dari microsoft dengan kapasitas penyimpanan 7 GB, untuk custom domain, bandingkan dengan layana google hanya memberikan 5 GB saja.

 

5. Microsoft Web Office

Dilengkapi juga dengan fitur Microsoft Web Office , anda dapat mengidt file document langsung di browser dengan layanan offce yang sering anda gunakan sehari, jadi tidak perlu pusing , cara penggunanyaya.

 

6. Windows Live Messnger + Integrated Facebook Messeger

Windows live messnger , adalah aplikasi chat dari microsoft yang dapat anda gunakan untuk komunikasi, dapat juga di gabungkan dengan kontak yahoo, dan tak kalah menariknya dapat di integrasikan dengan layanan facebook messnger dan anda juga dapat langsung mengupdate status langung via windows live messnger.

 

Nah, itu lah kelebihan yang di tawarkan dari Microsoft (Hotmail, Outlook / Windows Live), cara penyetinganya adalah sebagai berikut :

Persyaratan :

1. Anda harus mempunyai domain , (.com, .net, us, co.cc )

2. Cpanel ( Hosting )

 

Langkah – langakh :

 

1. Ketikan URL pada browser anda , http://domain.live.com

2.  jika anda belum mempunyai username dari microsoft , saya  sarankan membuat terlebih dulu.

3.  Klik tombol sign-in di halaman domain.live.com , lihat gambar agar lebih jelas.

sign-in domain.live.com

4. Klik tombol add domain

add domain

 

5. Isikan nama domain anda di kolom yang telah di sediakankan, lalu , centang “ Set up Outlook.com for my domain “. lalu klik tombol continue

domain live

 

6. Setelah anda mengklik continue, maka anda akan melihat summary seperti gambar di bawah ini, untuk memastikan, jika di rasa sudah benar, klik tombol I Accept

image

 

7. Setelah anda mengklik, anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini .

image

 

8. Langkah selanjutnya adalah, anda harus masuk ke cpanel hosting domain yang anda setup. lalu masuk menu MX Enty

 

image

 

9. Isi pada kolom add new record, untuk priority biasanya 10 dan untuk destination, sesuaikan dengan settingan yang di minta oleh domain.live.com lihat gambar langakah no. 7. lalu setelah itu klik tombol add new  Record.  Dan jangan lupa anda hapus MX Record sebelumnya .

image

image

10. Anda masuk ke halaman penyetingan di domain.live.com, lalu klik tombol refresh.

image

 

11.  Setelah anda melakukan refresh, jika berahasil anda akan di tujukan langsung ke halaman member Account,langsung membuat akun email domain . klik add untuk membuat akun email domain .

 

image

12. Langkah selanjutnya adalah, membuat custom addresses email domain, agar mudah anda akses, saya contohkan adalah menggunakan email domain, menjadi http://mail.namadomain.com , klik menu custom addresses.  klik add lalu pilih mail.  masukan di kolom cname lalu isikan cnamenya dengan nama “mail” tanpa tanda petik.

 

image

image

13. Masuk, lagi ke halaman Cpanel hosting, lalu pilih ke menu Advanced DNS Zone Editor.

image

14. di list zone file Records, anda ubah mail.namadomain.com  klik edit, lalu masukan cnamenya dengan, go.domains.live.com , setalah anda melakukan perubahan, silakan coba anda akses mail domain anda dnegan mengetikan url : mail.namadomain.com .

image

 

15. Semua Penyetingan telah selesai, silahkan anda praktekan langsung, agar langsung bisa. Open-mouthed smile salamat mencoba.